PELATIHAN PEMBUATAN AMPLANG

MARANG
Dipublikasi pada 27 June 2019

Deskripsi

PELATIHAN PEMBUATAN AMPLANG
            BKKBN mempunyai kelompok kegiatan yang bernama Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejatera atau yang lebih dikenal dengan istilah UPPKS. Kelompok kegiatan ini adalah program pemberdayaan ekonomi keluarga yang dikembangkan melalui usaha ekonomi mikro dengan sasaran keluarga yang menjadi peserta KB atau pasangan usia subur. Sesuai dengan agenda kegiatan yang telah di susun oleh Disdaldukkbp3a Kota Palangka Raya tahun 2019, salah satu kegiatannya adalah melaksanakan pembinaan dan pelatihan pembuatan Amplang bagi kader UPPKS di kampung KB Kelurahan Marang.
            Dalam kegiatan pelatihan tersebut, di hadiri oleh 20 orang kader dari Kelurahan Marang, dan 3 orang dari pegawai Kelurahan. Peserta sangat antusias sekali dalam mengikuti kegiatan tersebut, dengan banyaknya pertanyaan – pertanyaan yang langsung di sampaikan ke narasumber terkait dengan proses pembuatan amplang tersebut.
            drg. Tiur Simatupang, Kepala Dinas Daldukkbp3a Kota Palangkaraya dalam sambutan yang disampaikan pada acara tersebut mengatakan bahwa Tujuan dari kegiatan ini yaitu;
a) Memberikan bekal dan peluang usaha tambahan untuk keluarga
b) Meningkatkan usaha ekonomi produktif dan ketrampilan homeindustri terutama bagi peserta KB aktif atau PUS
c) Meningkatkan kualitas usaha kegiatan kelompok
d) Membangun ketahanan keluarga melalui usaha peningkatan ekonomi keluarga
            Sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut yaitu ibu Mustrosiah. Beliau adalah Pembina dari UKM Timur Bahalap Kota Palangka Raya. Dalam materi yang disampaikan beliau menjelaskan bahwa bahan dasar pembuatan Amplang ini adalah ikan (bisa menggunakan ikan tengiri, ikan belida, ikan pipih, ikan haruan), dan dicampur dengan tepung kanji, bawang putih, gula pasir halus, putih telur, kuning telur, kaldu bubuk, soda kue, baking powder, mentega, garam dan sedikit air.

Sesi Kegiatan Ekonomi

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan