Kampung KB Marang mendapatkan Piagam Penghargaan Program Kampung Iklim dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

MARANG
Dipublikasi pada 05 December 2022

Deskripsi

Masyarakat Kelurahan Marang, Kecamatan Bukit Batu dalam menjaga lingkungan membuahkan hasil menggembirakan. Tahun ini warga RW 1 Kelurahan Marang mendapatkan Piagam Partisipasi Prokim.


Piagam program kampung iklim dengan kategori madya ini diberikan oleh Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Ir. Laksmi Dhewanthi, M.A., IPU kepada Lurah Marang, Yuliati Ningsih, Selasa (29/11/2022). Lurah Marang mengaku bersyukur karena kerja keras warganya dalam membantu program pemerintah tak sia-sia. Program ini menciptakan wilayahnya tetap hijau dan asri. Selama ini warga Marang aktif menjaga hutan dan lahan gambut. Setiap Minggu mereka melaksanakan patroli guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Lurah Marang mengatakan banyak manfaat yang didapat masyarakat sejak Program Kampung Iklim (ProKlim) masuk ke Kelurahan Marang yakni sebagian petani juga mendapatkan bantuan modal usaha. “Selain menjaga lingkungan, secara ekonomi kehidupan masyarakat lokal juga diperhatikan oleh pemerintah, misalnya tahun ini warga Marang dapat bantuan 100 juta untuk usaha ternak berkelompok,” sebutnya.

Diketahui, Proklim adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca. Melalui program ini masyarakat diajari untuk berperilaku hemat energi, transportasi hijau, pengelolaan sampah, penanaman pohon serta pengendalian kebakaran lahan dan hutan yang melibatkan masyarak



Sesi Kegiatan Pembinaan Lingkungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan