Peluncuran Program DASHAT

KAMPUNG KELUARGA BERKUALITAS SUKA MAJU DESA PONDOK
Dipublikasi pada 12 July 2022

Deskripsi

Penyuluh KB dari Balai Penyuluh KB Kecamatan Nguter bersama dengan PPKBD dan Sub PPKBD Desa Pondok meluncurkan Program DASHAT untuk Kampung KB Suka Maju, di BKB Ngudi Waras Desa Pondok.

Pencegahan Stunting adalah salah satu prioritas pembangunan nasional. Pemerintah menargetkan untuk menurunkan prevalensi Stunting  dari 30,8 persen pada tahun 2018 menjadi 14 persen di tahun 2024. Untuk mencapai target tersebut, pemerintah telah menyusun strategi nasional percepatan pencegahan stunting yang diharapkan dapat menjadi acuan bagi semua pihak di tingkat pusat, daerah hingga tingkat desa dalam melakukan percepatan pencegahan stunting. Untuk meminimalisir angka Stunting, BKKBN melalui DP2KBP3A Kabupaten Sukoharjo membentuk DASHAT (Dapur Sehat Atasi Stunting) untuk memaksimalkan percepatan penurunan stunting.

Upaya percepatan pencegahan stunting akan lebih efektif apabila intervensi gizi spesifik dan gizi sensitif dilakukan secara konvergen di tingkat kabupaten sampai ke desa melalui Program DASHAT. Program ini bertujuan mencegah stunting, melalui pemberian makanan tambahan dan asupan gizi untuk meningkatkan gizi ibu hamil dan bayi baru lahir, agar anak-anak tumbuh besar menjadi anak yang sehat.

Sesi Kegiatan Perlindungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan