KEGIATAN POSYANDU BALITA RUTIN

FAKATINYINGA
Dipublikasi pada 08 December 2022

Deskripsi

Kegiatan posyandu  aktif bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar/sosial dasar untuk mempercepat penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi.

kegiatan posyandu aktif sangat bermanfaat bagi masyarakat diantaranya ; mendukung perbaikan perilaku, keadaan gizi dan kesehatan keluarga,  mendukung prilaku hidu bersih dan sehat, mendukung pencegahan penyakit yang berbasis lingkungan dan penyakit yang dapat dicegah dengan immunisasi, mendukung pelayanan Keluarga Berencana, dan mendukung pemberdayaan keluarga dan masyarakat dalam penganekaragaman pangan melalui pemanfaatan pekarangan untuk memotivasi kelompok dasa wisma berperan aktif.

adapun pelayanan yang dapat diperoleh diposyandu adalah  pengukuran antroppometri bagi bayi balita, penilaian status gizi bayi balita, imunisasi dan pemberian PMT serta pemberian edukasi oleh tenaga kesehatan terkait tumbuh kembang bayi balita. selain itu ada juga pelayanan  bagi ibu hamil dan ibu nifas yaitu terkait pemeriksaan kesehatan, edukasi terkait kondisi kesehatan perencanaan ppersiapan menyusui, persiapan penggunaan alat dan obat kontrasepsi, dan terkait ppraktik pola pengasuhan yang baik.

di  posyandu juga bayi balita dan ibu juga mendapatkan PMT. sumber dana pemberian PMT yakni swadaya masyarakat yang dikelolah langsung oleh para kader posyandu, selain itu juga difasilitasi dari Puskesmas berupa biskuit  dan susu untuk bayi  balita dan ibu hamil, serta  dari  dana kelurahan yang dikelolah oleh PKK Kelurahan.

menu pposyandu yang disajikan pada kesempatan ini yaknni bubur ayam.

 prosentase d/S yang datang berdasarkan jumlah sasaran sudah mencapai 100 %. 

jumlah kader yang yang hadir 5 orang kader. adapun petugas yang hadir yankni, bidan kelurahan, bidan ppendamping kelurahan, ppetugas gizi, petugas promkes, penyuluh kb dan juru imunisasi. selain itu lurah, ketua PKK Kelurahan serta babinsa babinkamtibmas jugaturut hadir di posyandu.  



Sesi Kegiatan Kasih Sayang

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan