Pembinaan BKL Cahaya Mata Hati

GUNTUNG MANGGIS
Dipublikasi pada 26 September 2016

Deskripsi

                Pembinaan Bina keluarga lansia dilaksanakan pada hari selasa minggu ketiga, Pelaksanaan ini bertujuan untuk membantu para lansia dan keluarga yang mempunyai lansia agar mendapatkan pelayanan kesehatan dan mendapatkan arahan dari Instansi terkait,untuk pembentukan fisik  dan mental para lansia agar tetap sehat baik fisik dan mentalnya.  Kegiatan Bina keluarga lansia ini didukung para kader yang berupaya untuk kegiatan pembinaan para lansia dan pemeriksaan kesehatan agar dapat terlaksana.  Program BKL merupakan suatu wadah kegitan  yang dilakukan oleh keluarga yang memiliki lansia untuk mengetahui,memahami, dan mampu membina kondisi maupun masalah lansia peningkatan kesejahteraan dan produktifitas lansia agar lansia tidak merasa bermanfaat baik untuk pribadi dan keluarga karna merasa sudah menghadapi masa lansia.                                                                                                                                                                                Penduduk Indonesia berusia 60 tahun ke atas atau lanjut usia (lansia) diperkirakan meningkat menjadi 80 juta pada 2030, atau naik 23 sampai 24 persen.

Kondisi ini membuat BKKBN mau tidak harus bekerja keras. Salah satu upayanya adalah dengan meluncurkan program Bina Keluarga Lansia (BKL). 

Kelompok kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup para lansia. Kegiatan yang dilakukan antara lain penyuluhan, kunjungan rumah, rujukan dan pencatatan serta pelaporan.

"Banyaknya lansia sebenarnya bukan suatu ancaman jika mereka produktif. Karena itu, BKKBN bersama berbagai sektor, seperti kesehatan dan pendidikan mengembangkan program lansia tangguh. Selain merawat lansia ini lebih banyak hidupnya, dan lebih panjang masa produktif, BKKBN sekarang bersama pakar geriatri berupaya mengembangkan lansia tangguh," kata Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Prof Dr. Fasli Jalal ditulis Jumat (14/2/2014).                                                                                           

Sesi Kegiatan Kasih Sayang

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan