Pemugaran Tugu Trisakti (Sejarah tentang Intan sebesar telor ayam kampung)

PUMPUNG
Dipublikasi pada 29 April 2019

Deskripsi

Sejarah tentang ditemukannya intan sebesar telor ayam kampung memamng telah menjadi legenda bagi kampung tempat pendulangan intan, intan tersebut dinamakan intan trisakti,

Mengenang ditemukannya intan trisakti ini masyarakat dan pemerintah membangun sebuah tugu intan,saat ini tugu tersebut berdiri dengan megah dan kokoh.

Setelah beberapa dekade tidak pernah tersentuh oleh kalangan masyarakat dan pemerintah, saat ini masyarakat berharap adanya renovasi dan perbaikan di sekitar area tugu tersebut. Dengan beberapa kali usulan dari masyarakat kemudian ditindaklanjuti oleh pihak dinas pariwisata kota Banjarbaru maka terpenuhilah cita-cita masyarakat sekitar.

Sejarah mencatat pada tanggal 26 agustus 1965 sebanyak 24 orang pendulang intan dibawah pimpinan H. Madslam menemukan intan seberaty 166,75 karat di Pendulangan intan Sungai Tiung. menurut taksiran masa itu, harganya Rp.10 trilyun.

kemudian pada tanggal 2 September 1965 diberi nama Intan Trisakti di Jakarta oleh Presiden Soekarno.(kutipan dari kompasiana)


Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan

Tidak ada