Pelayanan BIAS imunisasi lanjut pada anak usia sekolah

BATU HAMBAWANG
Dipublikasi pada 07 November 2020

Deskripsi

Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Sematu Jaya melakukan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) bagi anak sekolah kelas 1,2 dan 5.  Pemberian vaksin ini dimaksudkan agar anak nantinya tak rentan terhadap berbagai penyakit seperti Campak, Dipteria (DPT), Tetanus (TT). Pemberian imunisasi ini merupakan booster (ulangan) terhadap kekebalan yang pernah didapat pada saat bayi, dimana saat usia anak sekolah kekebalan sudah mulai turun, Pemberian vaksin ini juga harus diawasi agar tidak terjadi masalah akibat pemberian vaksin tersebut.

Sasaran imunisasi vaksin ini adalah anak-anak Sekolah Dasar kelas 1 hingga IV. Untuk kelas I adalah imunisasi campak, kelas II adalah imunisasi DT (Dipteria), sedangkan kelas III dan IV adalah TT ( Tetanus). Pelaksanaan bulan BIAS ini dilakukan setiap satu tahun sekali setiap bulan November. Pemberian imunisasi ini dilakukan oleh para petugas dari Puskesmas setempat.

Pemberian vaksin ini tidak mengalami kendala di lapangan mengingat sebelumnya telah dilakukan sosialisasi pada masyarakat khususnya para orang tua. Orang tua tidak keberatan anaknya diberi imunisasi tambahan meskipun amak sehat, namun jika anak dalam kondisi sakit tidak kita imunisasi agar tak terjadi hal-hal yang tak kita inginkan

 Jikalau ada anak yang tak masuk pada waktu pemberian vaksin maka pihaknya sudah mengantisipasinya dengan menganjurkan anak untuk diberi vaksin di Sekolah Dasar lain jika ada jadwal atau diantarkan ke Puskesmas terdekat.

Pemberian imunisasi ini ternyata sangat efektif mencegah penyakit tersebut, bahkan PBB sendiri secara khusus memandang perlu pemberian vaksin ini bagi anak-anak di seluruh dunia. Sehingga lembaga ini lewat WHO dan Unicef memberikan bantuan khusus vaksin-vaksin tersebut. 

Diharapkan jika anak usia SD sudah diberi vaksin maka, dia akan bertahan terhadap virus tersebut selama 15-25 tahun tergantung jenis vaksinnya.

Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan