Kegiatan Menanam Ibu- ibu Komunitas Wanita Tani

BATU HAMBAWANG
Dipublikasi pada 11 September 2018

Deskripsi

Kelompok wanita tani atau disingkat dengan KWT merupakan kumpulan para wanita tani yang berada di satu desa. biasanya kelompok wanita tani ini berisikan istri-istri dari petani yang ingin mempunyai kegiatan lain selain bertani.

kegiatan wanita tani atau KWT ini berupa pemberdayaan wanita tani dilingkungannya bisa berupa olahan hasil pertanian yakni seperti olahan masakan atau kerajinan, bisa juga dari segi administrasi dari pertanian itu sendiri. 

kelompok wanita tani atau KWT sekarang ini mempunyai program berupa KRPL atau singkatan dari kawasan rumah pangan lestari, KRPL ini secara penuh dikelola oleh kelompok wanita tani yang didalamnya meliputi pengelolaan administrasi, pengelolaan rumah bibit atau pengelolaan tanaman yang bisa membantu dalam sektor ekonomi anggota. 


Kegiatan KWT ini antara lain :

1. Pemanfaatan pekarangan dengan penanaman Toga ( tanaman obat keluarga ) dan sayuran yang bisa dikonsumsi dan dijual sebagai sumber mata pencarian.
2. Kegiatan simpan pinjam dengan tujuan memberantas rentenir yang marak . 
3. Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) berupa penanaman di verikultur juga bekerja sama dengan pihak Sekolah Dasar untuk program kebun sekolah. 
4. Pelatihan pengolahan hasil sayuran dan umbi dari anggota KWT berupa olahan Keripik Bayam, dan pembuatan bownis ubi ungu dan Labu 

Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan