Sosialisasi Pembuatan Jamban Keluarga disetiap Rumah

KAMPUNG KB DESA PALANGKA
Dipublikasi pada 10 May 2019

Deskripsi

Masalah kesehatan adalah suatu masalah yang sangat kompleks, yang saling berkaitan dengan masalah-masalah lain di luar kesehatan sendiri. Demikian pula pemecahan masalah kesehatan masyarakat, tidak hanya dilihat dari segi kesehatannya sendiri, tapi harus dilihat dari segi-segi yang ada pengaruhnya dengan masalah ‘sehat sakit’ atau kesehatan tersebut. Menurut Hendrik L.Bloom (1974) ada 4 faktor yang mempengaruhi kesehatan, baik kesehatan individu maupun kesehatan masyarakat, yaitu keturunan, lingkungan, perilaku, dan pelayanan kesehatan. Status kesehatan akan tercapai secara optimal, bilamana keempat faktor tersebut secara bersama-sama mempunyai kondisi yang optimal pula. Salah satu faktor saja berada dalam keadaan yang terganggu, maka status kesehatan bergeser di bawah optimal.Interaksi manusia dengan lingkungan hidupnya merupakan suatu yang wajar dan terlaksana sejak manusia itu dilahirkan sampai ia meninggal, hal ini disebabkan karena manusia memerlukan daya dukung unsur-unsur lingkungan untuk kelangsungan hidupnya.
Masalah penyehatan lingkungan pemukiman khususnya pada jamban keluarga merupakan masalah kesehatan yang perlu mendapatkan prioritas.

Maka dari itu Sosialisasi jamban keluarga disetiap rumah, harus terealisasikan di setiap rumah khususnya di Dusun Baru (kampung KB) Desa Palangka Kec. sinjai Selatan Kab. Sinjai. Sebagaimana yang dilakukan oleh pihak puskesmas samaenre yang memberikan pemahaman tentang pentingnya jambang keluarga bagi kesehatan kepada warga Dusun Baru khususnya Rt1-Rt3 pada tanggal 10 Mei 2019 di mesjid Nurul Rahma yang dilaksanakan stelah sholat Jum'at dengan lancar. warga pun terlihat berinteraksi antara warga dan pihak puskesmas samaenre.

Sesi Kegiatan Reproduksi

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan