PERTEMUAN POKJANAL PADA KAMPUNG KB

BASTARI
Dipublikasi pada 26 November 2019

Deskripsi

LAPORAN KEGIATAN
PERTEMUAN POKJANAL DESA PADA KAMPUNG KB TK DESA
KECAMATAN MANDASTANA

1. Pendahuluan
Dalam rangka mewujudkan tujuan nasional, BKKBN merupakan salah satu Kementerian/ Lembaga yang di beri mandat untuk mewujudkan Agenda Prioritas Pembangunan (Nawacita), terutama pada agenda Prioritas No 5 (lima) yaitu “Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia” melalui “Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana”. Kemudian di dalam strategi Pembangunan Nasional 2015-2019 ( Dimensi Pembangunan ), BKKBN berada pada Dimensi Pembangunan Manusia, yang di dalamnya berperan serta pada upaya mensukseskan Dimensi Pembangunan Kesehatan serta Mental/ Karakter (Revolusi Mental). BKKBN bertanggung jawab untuk meningkatkan peran keluarga berkualitas dalam mewujudkan tujuan nasional.
2. Waktu Pelaksanaan 
Kegiatan pertemuan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 26 November 2019 bertempat di Kampung KB Desa Antasan Segera Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito Kuala. Waktu pelaksanaan kegiatan dimulai dari jam 14.00 – 16.30 Wita.
3. Sasaran/ Peserta 
Kegiatan Pertemuan Musyawarah Desa pada Kampung KB ini dihadiri oleh seluruh Tim Pokjanal Kampung KB, para Ketua RT dan tokoh Masyarakat.
4. Narasumber 
Narasumber kegiatan dari DP2KBP3A Kabupaten Barito Kuala yaitu Bidang Dalduk.
5. Materi 
Pertemuan musdes membahas tentang rencana Rumah Dataku pada Kampung KB.
6. Hasil yang dicapai  
Setelah Kampung KB di luncurkan diharapkan disetiap Kampung KB memiliki Rumah Dataku sebagai basis data dan informasi di Kampun KB tersebut. Sebagaimana diketahui Rumah Dataku memili manfaat yang sangat besar bagi masyarakat di desa tersebut. Ketersediaan data dan informasi kependudukan yang akurat menjadi slah satu prasyarat wajib pembentukan Kampung KB dan data kependudukan ini dapat bersumber dari Hasil Pendataan Keluarga. Selain itu ketersediaan data dan statistik andal disediakan melalui Rumah Dataku diharapkan menjadi salah satu Indikator keberhasilan dalam melakukan perencanaan untuk membangun Kampung KB sehingga tujuan Pembangunan Kampung KB yaitu untuk meningkatkan kualitas dan meningkatkan kesejahteraan penduduk dapat tercapai.
7. Kesimpulan  
Jelaslah bahwa dengan adanya Rumah Dataku sangat penting di dirikan di Kampung KB yang telah dibentuk disetiap Kecamatan bahkan di tingkat Kabupaten. Hal ini disesuaikan dengan program KKBPK serta upaya terkait lainnya dengan berdasarkan bukti yang sudah dilaksanakan pada kampung KB tersebut.
Keberadaan data pada Rumah Dataku terintegrasi dengan sumber data lainnya, yang kesemuanya dapat dimanfaatkan untuk intervensi pembangunan.kualitas data diharapkan akan semakin baik karena data tersebut dikumpulkan dari masyarakat oleh masyrakat dan untuk masyarakat dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan di Kampung KB tersebut.
8. Penutup 
Demikian Laporan ini dibuat untuk bahan pertemuan selanjutnya.

Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan

Tidak ada