Pembinaan Kelompok BKB di Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB)

Cisasah
Dipublikasi pada 05 June 2023

Deskripsi

Deskripsi

Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) merupakan salah satu bentuk kelompok kegiatan yang menjadi salah satu program unggulan BKKBN.

BKB adalah Wadah kegiatan keluarga yang memiliki balita dan anak bertujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan orang tua (ayah dan ibu) dan keluarga yang lain untuk mengasuh dan membina tumbuh kembang melalui kegiatan rangsangan fiaik, mental dan intelektual, emosional, spiritual, sosial dan moral untuk mewujudkan SDM berkualitas dalam rangka meningkatkan kesertaan , pembinaan, dan kemandirian ber-KB bagi pasangan usia subur (PUS) anggota kelompok kegiatan.

Bina Keluarga Balita(BKB) adalah upaya peningkatan pengetahuan, keterampilan dan kesadaran ibu serta anggota keluarga lain dalam membina tumbuh kembang balitanya melalui rangsangan fisik, motorik, kecerdasan, sosial, emosional serta moral yang berlangsung dalam proses interaksi antara ibu/anggota.
Kader ideal nya tiap kelompok umur 3 kader dalam BKB ada 7 aspek. Pemantaun Perkembangan anak dengan KKA. Pemantausn dilaksanaan tiap 3 bulan sekali tapi pertemuan BKB setiap bulan.
Pada prinsipnya kelompok BKB sangat bermanfaat, diantara manfaat dari kelompok BKB bagi orang tua maupun bagi anak.
Prinsip BKB adalah menitikberatkan kepada pembinaan orang tua dan anggota keluarga yang memiliki anak dan balita dengan menggunakan Kartu Kembang Anak (KKA) sebagai alat pantau perkembangan anak.
Pelayanan BKB :
1. penyuluhan kepada orang tua meliputi semua materi pengasuhan tumbuh kembang anak (seluruh materi sesuai kelompok umur anak) diselesaikan dalam 1 tahun.
2. Pertemuan penyuluhan dilakukan minimal 1x dalam 1 bulan.
3. Menggunakan Media interaksi dalam penyluhan.
4. Melakukan rujukan jika anak mengalami gangguan tumbuh kembang

Bagi orang tua
Agar dapat mengurus dan merawat anak serta pandai membagi waktu dan mengasuh anak
Untuk memperluas wawasan dan pengetahuan tentang pola asuh anak yang benar
Untuk meningkatkan keterampilan dalam hal mengasuh dan mendidik anak balita
Supaya lebih terarah dalam cara pembinaan anak
Agar mampu mencurahkan perhatian dan kasih sayang terhadap anak sehingga tercipta ikatan batin yang kuat antara otang tua dan anak.
Agar mampu membentuk anak yang berkualitas.
Bagi anak, diharapkan:
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
Berkepribadian luhur
Tumbuh dan berkembang secara optimal
Cerdas, trampil, dan sehat
Sesi Kegiatan Pembinaan Lingkungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan