Kegiatan Posyandu di Kampung KB Ds. Sumberwaras Kec. Malingping

Sompok
Dipublikasi pada 05 May 2023

Deskripsi

Pada Hari Sabtu tanggal 06 Mei 2023 , diadakan posyandu balita di Desa Sumberwaras. Kegiatan ini dilaksanakan dirumah Kepala Desa yang dihadiri oleh keluarga yang memiliki balita sebanyak 46 keluarga. Seperti kita tahu Posyandu adalah pusat kegiatan masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan dan keluarga berencana.

Tujuan adanya posyandu antara lain Menurunkan angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu (ibu hamil), melahirkan dan nifas.
Membudayakan NKBS , meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera.
kegiatan posyandu ini berintegrasi dengan kampung KB yang berfungsi sebagai wahana gerakan reproduksi keluarga sejahtera, gerakan ketahanan keluarga dalam menurunkan stunting dan membentuk generasi sehat dan berkualitas.

Kegiatan Pokok Posyandu antaralain KIA, KB, Imunisasi, Gizi, Penanggulangan diare dan penyuluhan kontrasepsi seperti Konsultasi KB dan pembagian pil dan kondom.

Penimbangan balita dilakukan tiap bulan di posyandu yang diikutin oleh masyarakat, bidan, PLKB dan unsur desa. Penimbangan secara rutin di posyandu untuk pemantauan pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita. Penyelenggaraan posyandu ini berlangsung baik guna untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak khususnya dan masyarakat di kampung KB pada umumnya.
Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan