Pertemuan kader BKB Ds. Sumberwaras Kec. Malingping dalam acara Pemantapan peran dan tugas kader BKB

Sompok
Dipublikasi pada 15 January 2023

Deskripsi


      Pada pertemuan Kader Bina Keluarga Balita kali ini yaitu membahas tentang peran dan tugas kader BKB dalam Pencegahan Stunting. Dalam materi kegiatan pembinaan kader kelompok BKB ini menekankan pentingnya peran kader BKB kepada orangtua dalam pengasuhan anak usia dini, karena orangtua harus senantiasa memprioritaskan pengasuhan anak sebagai bentuk tanggung jawab dan amanah dari Tuhan YME yang harus ditunaikan dengan sebaik-baiknya. Sebagai orang tua yang sudah merencanakan kehamilan, mengandung dan melahirkan, kasih sayang dan perhatian orang tua harus senantiasa hadir, baik fisik, pikiran, dan perasaan, dan kebersamaannya dengan buah hati akan membuat tumbuh dan kembang anak menjadi baik karena ibu (orang tua) adalah sekolah (pendidikan) pertama buat anak-anaknya.

      Kegiatan kali ini dilakukan oleh PLKB dan kader BKB. Kader BKB diberikan materi dan cara penyuluhan kepada masyarakat khususnya orangtua yang mempunyai balita. Dengan dilakuan kegiatan ini  diharapkan kader BKB dapat melaksanan kegiatan penyuluhan dengan baik dan orangtua yang mempunyai balita dapat mengasuh anak bukan hanya melalui pemenuhan kebutuhan anak akan kesehatan, gizi, akan tetapi juga perhatian, kasih sayang dan rasa aman serta rangsangan terhadap mental, emosional, sosial, dan moral. Materi ini juga menekankan orangtua dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya agar mampu melaksanakan pengasuhan secara optimal dan maksimal, agar nantinya bisa menumbuhkan generasi yang berkualitas.

      Dalam kegiatan kelompok BKB di DS.Sumberwaras dipadukan dengan kegiatan Posyandu dan PAUD dan diharapkan bisa menambah pengetahuan dan keterampilan kader BKB agar mampu melaksanakan penyuluhan secara optimal dan pemantauan tumbuh kembang anak melalui KKA serta pemantauan kesehatan ibu dan anak dalam kegiatan Posyandu. Harapannya, dengan optimalisasi kegiatan di kelompok BKB, nantinya kita semua bisa mencegah permasalahan stunting di wilayah Desa Sumberwaras umumnya Kec. Malingping.

Kegiatan kali ini dapat terlaksana dengan baik karena adanya hubungan yang baik antara PLKB dan kader BKB sehingga dapat mengajak masyarakat dalam kegiatan BKB di kampung KB dengan bantuan/fasilitasi tokoh masyarakat sehingga Kegiatan ini terlaksanan dengan antusias yang cukup baik.





Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan