KEGIATAN KONSELING KB PASCA SALIN DI KELAS IBU HAMIL KAMPUNG KB DESA SUMBERWARAS KECAMATAN MALINGPING

Sompok
Dipublikasi pada 21 June 2023

Deskripsi

Kelas ibu hamil merupakan kelompok belajar bagi para calon ibu tentang kesehatan bagi ibu hamil secara keseluruhan. Pertemuan kelas ibu hamil ini dilaksanakan oleh ibu hamil dan diselenggarakan oleh Puskesmas difasilitasi oleh PLKB Kec. Malingping di desa Sumberwaras Kec. Malingping yang dihadiri oleh 10 peserta.  Kegiatan ini disambut hangat oleh masyarakat dan ibu hamil desa Sumberwaras.

Pertemuan ini dilaksanankan oleh bidan desa dari Puskesmas Cipendeuy, PLKB dan ibu hamil di Desa Sumberwaras.

Narasumber kali ini yaitu bidan desa dari Puskesmas Cipendeuy dan PLKB Kec. malingping dengan materi :

1. Menjaga janin sehat dan Ibu hamil yang cerdas,

2. Tanda bahaya kehamilan,

3. Gizi ibu hamil,

4.Persiapan persalinan,

5. IMD (Inisiasi Menyusu Dini),

6. ASI Ekslusif,

7. KB pasca salin

Tujuan kelas ibu hamil adalah meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir serta mengedukasi ibu hamil agar dapat menjalani proses kehamilan dan persalinan lancar, serta melalui fase awal kehidupan bayi dengan bekal pengetahuan dasar.

Setelah melewati proses persalinan, seorang wanita tetap berpeluang untuk hamil kembali. Peluang untuk hamil ini juga masih mungkin meskipun masih menyusui si kecil. Namun, jika ingin menunda kehamilan, atau tidak ingin jarak kehamilan berdekatan dengan kelahiran sebelumnya, maka bisa melakukan KB pasca persalinan.

Tujuan KB pasca persalinan adalah untuk mengatur jarak kehamilan/kelahiran. Selain itu, tujuan KB pasca persalinan juga untuk menghindari kehamilan yang tidak diinginkan sehingga setiap keluarga dapat merencanakan kehamilan yang aman dan sehat.

Agar tujuan KB pasca persalinan ini berjalan lancar, maka perlu pemberian informasi dan konseling yang sudah dimulai sejak masa kehamilan. Tenaga kesehatan sebagai pemberi pelayanan memegang peranan penting dalam memberikan informasi dan konseling tentang KB pasca persalinan.

Setelah diberikan pengetahuan tentang pentingnya menjaga kehamilan dan pentingnya KB pasca persalinan pada kegiatan kelas ibu hamil, maka ibu hamil menjadi mengerti tentang kehamilan dan KB yang harus digunakan setelah persalian.










Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan