MEWUJUDKAN KELUARGA BERKUALITAS DENGAN 8 FUNGSI KELUARGA

Sompok
Dipublikasi pada 06 August 2023

Deskripsi

Bimbingan perkawinan yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kec. Malingping melalui KUA ini bertujuan untuk membentuk generasi yang berkualitas. Kegiatan ini adalah media penyuluhan bagi catin yang dihadiri oleh pemateri dari Puskesmas Cipendeuy dan PLKB (BKKBN) dengan tema Keluarga Berkualitas Wujudkan Generasi Berkualitas. Komunikasi menjadi faktor penting dalam perenacanaan dan pelaksanaan pernikahan. Dalam membangun sebuah keluarga, dibutuhkan perencanaan yang matang, seperti rencana waktu punya anak, jumlah anak, dan sebagainya. Disamping itu, agama menjadi pondasi kuat bagi keluarga, sehingga beliau mengharapkan para calon pengantin dan calon orang tua sudah menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik beragama sejak dini.

Terdapat 8 fungsi keluarga yang berkualitas, yaitu fungsi agama yang menjadi pondasi bagi keluarga, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi sosialisasi, fungsi pendidikan, fungsi ekonomi, dan fungsi pembinaan lingkungan. Kedelapan fungsi ini memiliki peran masing-masing ditengah keluarga dalam mewujudkan keluarga yang berkualitas. “Stunting menjadi concern utama yang harus diperhatikan. Sehingga, diharapkan kepada para calon suami atau calon ayah untuk mengizinkan istrinya memberi asi penuh agar gizinya terpenuhi. Hal ini disampaikan tentunya dengan tujuan agar perencanaan calon pengantin menjadi lebih matang untuk menyiapkan generasi dan keluarga yang berkualitas.
Kegiatan ini terlaksanan dengan antusias peserta cukup baik. Calon pengantin melihat program Keluarga Berencana (KB) dari segala sisi, baik dari reproduksi, maupun kondisi fisik dan mental. Hal ini dikarenakan mengandung (hamil) terlalu sering, terlalu muda, ataupun terlalu tua tidak baik bagi kesehatan ibu dan anak, sehingga perlu perencanaan yang matang dalam melakukan program kehamilan. Diharapkan dengan perencanaan dan persiapan yang matang menghasilkan keluarga yang sakinah, mawahdah, dan warahamah serta melahirkan generasi yang berkualitas.

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan