PEMBINAAN KELOMPOK KEGIATAN KP. KB DESA SUMBERWARAS

Sompok
Dipublikasi pada 13 September 2023

Deskripsi

Pembinaan Ketahanan Keluarga Berbasis Kelompok Tribina di Kampung KB ini adalah pertemuan membahas mengenai kegiatan Kelompok Tribina (BKB, BKR, BKL, PIK-R, UPPKA) di Kampung KB. Tujuannya sebagai wujud pembinaan rutin kader Kampung KB mengenai Ketahanan Keluarga dalam mensukseskan program Bangga Kencana juga memberikan peran signifikan bagi kader dalam mensosialisasikan pentingnya Ketahanan Keluarga dilingkungan masyarakat.

Penyuluhan Keluarga Berencana adalah merupakan proses komunikasi, informasi dan edukasi kepada masyarakat dan keluarga untuk membantu keluarga agar dapat memahami dan berperilaku menuju terwujudnya keluarga kecil bahagia dan sejahtera. Acara ini dilaksanakan dengan antusias oleh kader poktan.

Pembinaan Poktan Kampung KB merupakan kegiatan pembinaan terhadap poktan di kampung KB supaya kegiatan-kegiatan yang telah diagendakan dapat berjalan dengan lancar. Pembinaan ini di laksanakan di desa Sumberwaras, Dalam kegiatan ini, masing-masing poktan memaparkan kegiatannya serta kendala yang dihadapi untuk kemudian dicari solusi atau jalan keluar bersama. Baik kegiatan tribina, uppks, maupun program kegiatan bersama yang dilakukan di masyarakat dibahas serta dicari solusi jika ditemukan kendala.

Salah satu unsur yang harus ada di Kampung KB adalah Poktan atau kelompok kegiatan didalamnya ada BKB,BKR,BKL,UPPKS,PIKR. Semua unsur tersebut sudah ada di Kampung KB, untuk itu sudah selayaknya ada pembinaan juga evaluasi. Pelaksanaan pembinaan ini dilaksanankan oleh PLKB, ketua poktan dan anggota. 

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan