Sosialisasi Kanker Serviks dan Gerakan SADARI

KAMPUNG KB RANGKAS BERDIKARI
Dipublikasi pada 04 December 2023

Deskripsi

Sosialisasi Kanker Serviks dan Gerakan SADARI, Senin 4 Desember 2023 di Sekertariat Kampung KB Rangkasbitung Barat, diselenggarakan oleh Puskesmas Rangkasbitung dan Balai Penyuluh KB Kecamatan Kecamatan Rangkasbitung Kader IMP sebanyak 15 orang dengan Narasumber bidan Aprilla Indrastuti.

Metode yang digunakan dengan metode FGD. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kader terkait kanker serviks dan kanker payudara serta cara mendeteksi dini, serta kader dapat menyebarluaskan informasi yang diperoleh kepada masyarakat, agar Masyarakat dapat mengetahui lebih dini dari kedua kanker ini, sehingga masyarakat dapat mencegahnya.

Informasi yang disampaikan oleh pemateri antara lain:

1. Kanker Serviks

Kanker Serviks disebabkan oleh virus HPV, dan bukan penyakit keturunan, dapat dideteksi dini dengan melakukan test pap smear secara teratur

2. Kanker Payudara

Kanker payudara disebabkan oleh hormon, genetik, diet dan radiasi. Kanker payudara ini dapat di deteksi dini dengan beberapa cara, yaitu melakukan skrining, mammografi, pemeriksaan genetik. Terdapat beberapa faktor yg dapat berisiko tinggi, diantaranya yaitu tidak menyusui anak, pernah operasi payudara sebelahnya, ada keluarga yang menderita, pernah radiasi daerah dada dan pernah terapi hormon yg lama. Harapan hidup pada kanker payudara ini sekitar 5 tahun (stadium 1, 2, 3 dan 4).

Setelah Mengikuti kegiatan ini para peserta memahami bahaya kanker servis dan karker payudara.

Sesi Kegiatan Pembinaan Lingkungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan