Pembinaan BKB

Maja
Dipublikasi pada 06 February 2023

Deskripsi

Pertemuan Bina Keluarga Balita Pelita Hati dilaksanakan pada hari Selasa 07 Februari 2023 bertempat di rumah kader BKB Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembinaan pada kader dan anggota BKB Pelita Hati, kegiatan ini dihadiri juga oleh PKB/PLKB, Bidan Desa, Ketua TP. PKK Desa Maja Kec. Maja.

Pada kegiatan ini ibu Desi Mulya Sari  selaku pembina desa memberikan informasi tentang 8 Fungsi Keluarga, Keluarga adalah institusi terkecil yang ada dalam kehidupan bermasyarakat. Tak ada manusia satupun di dunia ini yang tidak mempunyi keluarga, sehingga atas dasar inilah dapat dipastikan bahwa setiap orang yang lahir mempunyai keluarga.

Penguatan 8 (delapan) fungsi keluarga merupakan landasan untuk mewujudkan generasi mendatang yang memiliki kualitas yang tinggi, berkarakter, dan berakhlak mulia. BKKBN meyakini, bahwa langkah awal dalam Revolusi Karakter bangsa adalah penanaman nilai-nilai karakter bangsa yang luhur sejak dini pada anggota keluarga, terutama kepada anak selaku generasi penerus bangsa. Penanaman karakter atau pendidikan karakter pada anak dilakukan oleh orangtua melalui pengasuhan yang baik. Maka dapat dikatakan orangtua-lah penentu keberhasilan dari Revolusi Mental dan Revolusi Karakter Bangsa yang disuarakan selama ini.

Penerapan 8 fungsi keluarga ini juga dilandasi 4 (empat) konsep utama dalam membangun keluarga bahagia sejahtera, yaitu:

(1) Keluarga berkumpul, dimana memanfaatkan waktu luang bersama keluarga untuk berkumpul dengan melakukan aktifitas yang dapat memperkuat ikatan di antara masing-masing anggota keluarga;

(2) Keluarga berinteraksi, komunikasi dan diskusi di antara anggota keluarga secara langsung;

(3) Keluarga berdaya, Keluarga mandiri yang tidak bergantung kepada orang lain, dan juga

(4) Keluarga peduli dan berbagi, antar anggota keluarga saling memahami dan menghargai satu sama lain, serta gotong royong dalam menghadapi permasalahan dalam keluarga.

Anggota dan kader BKB Pelita Hati sangat antusias mengikuti kegiatan ini, hal tersebut dapat terlihat melalui aktifnya kader dan peserta untuk bertanya dan mengajak berdiskusi tentang 8 Fungsi Keluarga kepala Bidan desa, PLKB, PKK Desa, PPKBD

Sesi Kegiatan Kasih Sayang

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan