Pertemuan BKL

Maja
Dipublikasi pada 08 March 2023

Deskripsi

Pertemuan Bina Keluarga Lansia dilaksanakan pada hari Kamis 09 Maret 2023 bertempat di Rumah Kader BKL Desa Maja Kec. Maja.  Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pembinaan pada kader dan anggota Bina Keluarga Lansia, kegiatan ini dihadiri juga oleh PKB/PLKB, PPKBD, Ketua TP. PKK Desa Maja.

Pada kegiatan ini ibu Desi Mulya Sari selaku pembina desa memberikan informasi tentang Persiapan menjadi Lansia yang kuat dan berdaya. Lansia identik dengan tua, renta, dan berpenyakitan meski begitu bukan berarti tidak bisa menjadi lansia yang sehat dan berdaya. 

Untuk menjadi lansia yang kuat dan berdaya, diperlukan persiapan sejak dini , diantaranya :

1. Pencegahan, pencegahan penting untuk mencegah beragam penyakit yang datang sejak dini, mulai dengan menjalani gaya hidup yang sehat seperti makanan yang sehat dan berolahraga

2. Deteksi Dini, penting untuk mengetahui kondisi tubuh. semakin dini ditemukan bibit penyakit, semakin besar pula peluang kesembuhan.

3. Menjaga Kondisi, jaga kondisi tetap selalu bugar bagi lansia atau yang memasuki usia lanjut. menjaga kondisi dapat dilakukan dengan menghindari faktor resiko pemicu suatu penyakit, misalnya tidak merokok untuk menghindari penyakit paru-paru serta tidak mengkonsumsi gula, garam, dan lemak agar tidak terserang diabetes. bagi yang sudah memiliki penyakit, dapat menjaga kondisi tubuh dengan mengontrol diri.

4. Vaksin, disarankan setiap orang tua untuk melakukan vaksin seperti vaksin flu, herpes dan hepatitis. vaksin penting untuk mencegah suatu penyakit atau mengurangi tingkat parahnya infeksi penyakit.

5. Hidup Positif, selain gaya hidup sehat, lansia juga dianjurkan untuk hidup dengan pemikiran yang positif. pemikiran yang positif dapat memicu otak untuk tetap bekerja dengan baik.

hidup positif dapat dilakukan dengan rutin melakukan aktivitas, menerima diri apa adanya, hidup harmonis dan menikmati hal-hal kecil atau bersyukur.

Anggota dan kader BKL sangat antusias mengikuti kegiatan ini, hal tersebut dapat terlihat melalui aktifnya kader dan peserta untuk bertanya dan mengajak berdiskusi tentang persiapan menjadi lansia yang kuat dan tangguh dengan PLKB dan Ketua TP.PKK desa

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan