SEDEKAH BUMI WUJUD SYUKUR WARGA DUSUN II TUDUNGAN DESA JEMBAYAN TENGAH

GERBANG BENDERA
Dipublikasi pada 28 July 2023

Deskripsi

Pada Hari Sabtu, 29 Juli 2023 Masehi, dan bertepatan pada bulan Muharram 1445 Hijriah.

Di gelar Sedekah Bumi/Bersih Dusun di Dusun II Tudungan Desa Jembayan Tengah Yang Ke-2, kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang digelar sebagai bentuk rasa syukur kepada sang maha Kuasa atas nikmat dan karunia yang telah diberikan serta berupa segala bentuk hasil bumi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pemerintah Desa Jembayan Tengah, Ketua Kampung KB beserta Anggota, Camat Loa Kulu, Anggota DPRD Kab. Kukar, Bhabinsa, PlKB Kec. Loa Kulu, Ketua RT, Lembaga Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Wanita, Tokoh Pemuda dan Warga Desa Jembayan Tengah.

Adapun Rangkaian Acara ;

-pertama Penampilan Tarian oleh Group Tari Bhenika Tudungan Desa Jembayan Tengah

- Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an dan Saritilawah

- Sambutan - sambutan, dari Ketua Panitia, Kepala Desa dan Camat Loa Kulu sekaligus membuka acara secara resmi

- Ceramah Agama Oleh Ustadz Samsudddin, S.Ag

-Pembacaan DO'A

-Pemotongan Tumpeng, yang mana tumpeng tersebut dibuat oleh warga setempat dengan beragam kemudian dimakan secara ramai-ramai oleh masyarakat yang merayakan acara sedekah bumi dan tamu undangan dengan menggunakan alas daun (beseprah).

-Merebutkan tumpeng Hasil bumi yang telah dibuat warga sehari sebelumnya berupa sayur-sayuran, buah-buahan dan berbagai hasil bumi lainnya. Tidak hanya bapak-bapak, ibu-ibu, anak-anak juga tidak ketinggalan merebutkan tumpeng tersebut.

Kegiatan ini terlaksananya dengan antusias warga yang luar biasa, harapannya kegiatan sedekah bumi ini makin mempererat silaturahmi dan Persaudaraan Warga Dusun II Tudungan Desa Jembayan Tengah.

Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan