Operasional Ketahanan Keluarga Berbasis Kelompok Kegiatan (Poktan) BKL

Malabar
Dipublikasi pada 02 August 2022

Deskripsi

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum'at tanggal 09 September 2022 pukul 14.00 WIB s.d selesai,  yang dihadiri oleh Ketua Kampung KB, Kader Pokja Kampung KB, Kader Poktan BKL dan Anggota BKL.
pada kegiatan ini membahas materi kesehatan reproduksi lansia, dimana seiring dengan pengaruh proses menua, kemampuan seksualitas seorang laki-laki juga akan mengalami penurunan. perubahan masalah kesehatan reproduksi pada lansia laki-laki diantaranya produksi testoteron menurun secara bertahap, kelejar prostat membesar, penurunan tonus otot dan lain-lain. sedangkan perubahan reproduksi pada lansia perempuan diantara mekanisme terjadinya menopause. Menopause merupakan proses alami yang terjadi saat seorang wanita bertambah tua. Seiring usia bertambah, indung telur akan makin sedikit memproduksi hormon kewanitaan. Akibatnya, indung telur tidak lagi melepaskan sel telur dan menstruasi akan berhenti. Menopause terjadi ketika ovarium (indung telur) berhenti untuk memproduksi hormon esterogen dan tidak menghasilkan sel telur setiap bulan. Biasanya, menopause dimulai dengan siklus menstruasi yang semakin jarang setiap bulannya hingga bertahun – tahun sebelum akhirnya tidak mengalami siklus menstruasi sama sekali.

Dalam kegiatan ini juga dibahas Cara Mengatasi Gejala Menopause

  1. Tidur Cukup
  2. Hindari Minuman Berkafein dan Beralkohol
  3. Jangan Gunakan Pakaian Tebal
  4. Konsumsi Makanan Bergizi
  5. Jaga Berat Badan Tetap Ideal
  6. Gunakan Lubrikan Saat Berhubungan Seksual
  7. Olahraga Rutin
  8. Obat-Obatan

Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Balai Penyuluh KB Kecamatan Cibadak, komponen kampung KB, dan pihak desa sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik.

Sesi Kegiatan Reproduksi

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan