PSN di RW.010

Kampung KB Kelurahan Utan Kayu Selatan
Dipublikasi pada 27 December 2019

Deskripsi

Strategi utama dalam menekan penyebaran penyakit dengan perantara nyamuk ini adalah dengan menggiatkan gerakan 3 M Plus di sekitar rumah tangga. , 3 itu meliputi:
1. Menguras dan menyikat penampungan air secara rutin setiap minggu.
2. Menutup rapat tempat penampungan air.
3. Memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas yang bisa menampung air, atau mengubur dan menyingkirkan barang bekas yang bisa menampung air.
Plus dilakukan secara rutin, seperti memelihara ikan pemakan jentik (sapu-sapu misalnya), mengganti air vas bunga, tempat minum burung, tempat minum peliharaan minimal seminggu sekali, membersihkan saluran air atau talang air, menghindari menggantung pakaian dalam kamar (umumnya dilakukan anak kos), menaburkan bubuk antar dll.
PSN bisa dilakukan oleh siapapun, karena selain murah juga mudah.
Upaya fogging (pengasapan) hanya bisa membunuh nyamuk dewasa, sementara jentik nyamuk yang berada di dalam air, masih bebas untuk hidup dan berkembang. Fogging merupakan alternatif terakhir, yang paling penting adalah upaya PSN. Jika sudah ada yang terkena DBD, bisa diambil langkah fogging. Selain itu obat yang digunakan pada saat fogging adalah racun, yang tentu saja mempunyai efek bagi manusia.

Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan