Posyandu ibu hamil

Catur Karya Buana Jaya
Dipublikasi pada 07 April 2021

Deskripsi

Posyandu merupakan bagian dari pembangunan untuk mencapai keluarga kecil bahagia dan sejahtera, dilaksanakan oleh keluarga bersama dengan masyarakat di bawah bimbingan petugas kesehatan dari puskesmas setempat. Sasaran utama kegiatan posyandu ini adalah balita dan orangtuanya, ibu hamil, ibu menyusui dan bayinya, serta wanita usia subur. Sedangkan yang bertindak sebagai pelaksana posyandu adalah kader.

Kegiatan posyandu ibu-ibu hamil yang biasa disebut dengan posyandu Bumil atau ibu hamil kampung Catur Karya Buana Jaya diadakan tanggal sepuluh setiap bulan. Dilaksanakan di gedung posyandu rahayau Kampung Catur Karya Buana Jaya oleh kader posyandu desa dan petugas kesehatan bidan desa. Dalam kegiatan tesebut khusus pelayanan terhadap ibu hamil dengan pemeriksaan, senam dan pembagian makanan sehat.

Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dilaksanakan oleh, dari, dan bersama masyarakat. Posyandu bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan dalam memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan anak balita.

Upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu bukan semata-mata tanggungjawab pemerintah saja, namun semua komponen yang ada di masyarakat, termasuk kader. Peran kader dalam penyelenggaraan Posyandu sangat besar karena selain sebagai pemberi informasi kesehatan juga sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.
Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan