PEMBINAAN ORIENTASI LINI LAPANGAN KIE KB METODE MKJP

Banjarejo
Dipublikasi pada 19 March 2023

Deskripsi

KOMUNIKASI INFORMASI DAN EDUKASI (KIE) TENTANG KB METODE MKJP

Alat kontrasepsi jangka panjang (MKJP) juga merupakan alat kontrasepsi yang digunakan untuk menunda, menjarangkan kehamilan, serta menghentikan kesuburan yang digunakan dengan jangka panjang, yang meliputi IUD (intra uterine device), implant (susuk KB) dan kontap (kontrasepsi mantap, MOW dan MOP).

berikut serba-serbi tentang KB MKJP:

  1. Berikut penjelasannya: Manfaat atau keunggulan dari KB implan: Penggunaan alat kontrasepsi ini 99% efektif. Pemakaiannya dapat bertahan hingga 3 tahun.
  2. Alat kontrasepsi IUD bisa bertahan selama 3–12 tahun.
  3. MOW adalah prosedur sterilisasi pada wanita yang bertujuan untuk mencegah kehamilan permanen. MOW bisa digunakan karena alasan kesehatan ibu, jumlah kelahiran akibat operasi sesar lebih 3 kali, dan lain-lain.
  4. Metode kontrasepsi Medis Operasi Pria (MOP) atau lebih dikenal dengan istilah vasektomi. Proses operasi ini pengikatan vas deferens (saluran berbentuk tabung kecil di dalam skrotum yang membawa sperma dari testikel menuju penis)


Dengan kegiatan ini diharapkan SDM kader PPKBD dan Kader poktan (BKB, BKR, dan BKL) lebih meningkat pengetahuannya sehingga angka kelahiran semakin menurun.  

Sesi Kegiatan Reproduksi

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan