Memperingati Hari RA.KARTINI & Halal Bihalal bersama UPT SDN TRITUNGGAL MULYA

Tri Tunggal Mulya
Dipublikasi pada 21 April 2024

Deskripsi

Kegiatan ini bertujuan untuk memperingati Hari RA Kartini & Halal Bihalal yang dihadiri oleh masyarakatTritunggalMulya Seluruh Upt SD Tritunggal Mulya

Raden Ajeng Kartini, sosok wanita pejuang tanah air yang lahir pada 21 April 1879. Di zaman penjajahan yang serbasulit, di tengah kehidupan masyarakat yang menganut budaya patriarki, R.A. Kartini telah memiliki pemikiran-pemikiran yang lebih maju.


Di masa itu, perempuan pribumi yang mengenyam pendidikan tinggi dianggap sebagai hal tabu. R.A. Kartini ingin melawan pandangan tersebut karena sejatinya pendidikan adalah hak setiap insan, tanpa memandang gender, tanpa peduli laki-laki atau perempuan.


R.A. Kartini bermimpi bahwa suatu saat, kaum hawa pum bebas bersekolah seperti halnya para pria. Di masa sekarang, mimpi kecil beliau telah terwujud, tetapi bukan berarti perjuangannya selesai. Kini, tugas kitalah untuk melanjutkan perjuangan R.A. Kartini dengan menjadi pribadi yang terpelajar dan juga mandiri.


Sebagai seorang siswa, kita memiliki kewajiban untuk belajar. Maka itu, sudah sepatutnya kita memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk mengenyam pendidikan dan menjadi sosok perempuan yang berpengetahuan dan berwawasan luas.


Belajar pun tak hanya di sekolah, bahkan ada banyak hal yang bisa dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. Kita perlu belajar bagaimana cara bergaul, berkomunikasi, menumbuhkan empati dan rasa peduli, hingga belajar melakukan pekerjaan sehari-hari tanpa bergantung kepada orang lain.

Marilah mencontoh semangat juang R.A. Kartini. Marilah menjadi generasi Kartini yang tak pernah berhenti belajar. Menjadi Kartini masa kini berarti menjadi sosok perempuan yang cerdas dan mandiri sehingga mampu menghadapi tantangan dunia.

Kegiatan ini terlaksanan dengan antusias peserta cukup baik.

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan