Pelatihan Kelompok UPPKA Kampung KB di Kelurahan Cilenggang

KAMPUNG KB CILENGGANG
Dipublikasi pada 09 November 2023

Deskripsi

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan mengenai pengelolaan kelompok UPPKA di Kampung KB Cilenggang, yang dihadiri oleh Bapak Wawan Darmawan, SKM, M.Kes selaku Kasi Ekbang Kecamatan Serpong, Lurah Cilenggang Bapak Umar Dhani, S.Sos, Ibu Rilia Ratri Bayuningsih dari Pokja 2 TP PKK Kota Tangerang Selatan, Ibu Lurah Cilenggang IbuAtinny Mardiana, Ketua Kampung KB Cilenggang Ibu Entin Sutinah.

Setelah mengikuti kegiatan ini peserta diharapkan adanya peningkatan pendapatan keluarga yang kemudian akan memperbaiki kesejahteraan, baik dari keluarga peserta KB yang bersangkutan maupun dari seluruh anggota kelompoknya. Dengan peningkatan kesejahteraan tersebut, diharapkan kesertaan dan kesinambungan ber-KB secara tidak langsung dapat ditingkatkan.

Perkembangan suatu kelompok sangat dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain faktor dalam kelompok itu sendiri yang lebih lazim disebut sebagai dinamika kelompok yang dapat dipantau, dan dikembangkan melalui pertemuan dan sarasehan antara anggota kelompok tersebut.

-Tujuan Umun

Memberikan keseragaman petunjuk pelaksaanaan kepada para pengelola dan pelaksana dalam membina kelompok serta ketrampilan bagi pengurus dalam mengelola kelompok.

-    Khusus

 * Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengelola dalam :

 * Berorganisasi

 * Menumbuhkan dinamika kelompok

 * Menggali dan memanfaatkan sumber daya dan potensi setempat guna memajukan kelompok

 * Melihat kelompoknya secara utuh dan benar, termasuk kelemahan dan potensinya

-    Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) adalah sekumpulan keluarga yang saling berinteraksi dan terdiri dari berbagai tahapan keluarga sejahtera, mulai dari Keluarga Pra-Sejahtera sampai dengan Keluarga Sejahtera III Plus baik yang sudah menjadi akseptor KB, PUS yang belum ber KB, serta anggota masyarakat yang berminat dalam rangka mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera, aktif melakukan berbagai kegiatan usaha bersama dalam bidang Usaha Ekonomi Produktif (UEP).

Kegiatan ini terlaksana dikarenakan usaha yang dilakukan oleh kelompok UPPKA, Kelurahan Cilenggang,  dan Kecamatan Serpong.

Kegiatan ini terlaksana dengan antusias peserta pelatihan dari kelompok UPPKA di hari kedua yang cukup baik.

Sesi Kegiatan Ekonomi

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan