Pertemuan Mekanisme Operasional Katahanan Keluarga Berbasis Kelompok Kegiatan (POKTAN) di Kampung KB “Agung Sejahtera”

KAMPUNG KB AGUNG SEJAHTERA
Dipublikasi pada 15 October 2023

Deskripsi

Meskipun stunting terjadi pada anak, namun usaha pencegahan stunting sudah seharusnya dilakukan pada beberapa tahapan kehidupan dimana status gizi dan kesehatan pada periode ini akan mempengaruhi status kesehatan tahapan kehidupan selanjutnya. Oleh karena itu, sebagai salah satu strateginya, BKKBN mengembangkan strategi “Konsep Pendampingan Berkelanjutan”dengan fokus pendampingan terhadap beberapa kelompok sasaran prioritas yang memiliki peran kunci dalam pencegahan stunting atau yang kemudian dikategorikan menjadi Keluarga Risiko Stunting. Intervensi terhadap Keluarga Risiko Stunting melalui kegiatan DASHAT akan difokuskan pada kelompok sasaran prioritas utama, yaitu:

1.Baduta/Balita;

2.Ibu Hamil;

3.Ibu menyusui;

Target program stunting lainnya, yaitu keluarga dan masyarakat pada umumnya, terutama remaja dan calon pengantin menjadi kelompok sasaran prioritas selanjutnya. Konsep DASHAT mengedepankan upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat sebagai bagian utama kegiatan dengan pendekatan sociopreneurship (kewirausahaan sosial).

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat dan memberikan pengetahuan baru kepada ibu yang memiliki balita, Ibu menyusui dan  Ibu Hamil yang ada di Desa Kebon Agung sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi bagi keluarga dirumah.


Kegiatan ini terlaksanan dengan antusias peserta cukup baik.

Sesi Kegiatan Ekonomi

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan