Pentas Seni Budaya Paguyuban Kuda Lumping dan Campur Sari

KAMPUNG KB KELAPA GADING
Dipublikasi pada 24 August 2019

Deskripsi

Kampung KB “KELAPA GADING” Kelurahan Salok Api Laut Kecamatan Samboja awal Tahun 2019 telah membentuk paguyuban Seni budaya jawa. Nama paguyuban tersebut di beri nama WIJOYO PUTRO. Paguyuban ini terdiri dari warga RT 5 dan RT 7. Keinginan warga RT 5 dan RT 7 yang di dominiasi warga bersuku Jawa untuk melestarikan budaya jawa di lingkungan Kelurahahan Salok Api Laut pada umumnya dan RT 5 dan RT 7 pada khususnya.
Paguyuban ini awalnya dibentuk dengan dana swadaya masyarakat RT 5 dan RT 7 Kelurahan Salok Api Laut Kecamatan Samboja. Mengingat dana yang diperoleh masih belum memadai, akhirnya masyarakat mengajukan bantuan dalam bentuk proposal kepada warga lain yang secara kebetulan memiliki visi dan misi yang sama dengan warga RT 5 dan RT 7. Sehingga mereka secara penuh mendapat dukungan berupa dana. Dengan dana yang di terima tersebut, warga sepakat sepenuhnya dana tersebut difokuskan pada kegiatan paguyuban dengan melengkapai kebutuhan sarana dan prasarana kebutuhan, seperti membeli perlengakapan pakaian adat jawa, kuda lumping, alat musik jawa, sound sytem dan lain-lainnya. Dengan telah terbentuknya paguyuban kesenian daerah jawa tersebut, kini warga didalam setiap kesempatan acara di Kelurahan Salok Api Laut Kecamatan Samboja bisa menampilkan seni budaya jawa tersebut. Paguyuban tersebut berupa seni Kuda Lumping.


Dengan kemajuan pola sumber daya manusia nya, warga RT 5 dan RT 7 Kelurahan Salok Api Laut Kecamatan Samboja kembali membentuk kesnian budaya jawa berupa Campur Sari, yang diberi nama KHARISMA NADA PUTRA. Seluruh keanggotaannya baik yang Seni budaya Kuda Lumping dan Campur Sari adalah warga RT 5 dan RT 7 Kelurahan Salok Api Laut Kecamatan Samboja serta di dukung dengan pemuda Pemudi di 2(Dua) RT tersebut.
Dalam mengembangkan sayap, Paguyuban WIJOYO PUTRO dan Campur Sari KHARISMA NADA PUTRA kini tampil di setia ada kegiatan-kegiatan acara, baik yang berskala lokal maupun non lokal Kelurahan Salok Api Laut Kecamatan Samboja.
Kedua Paguyuban tersebut kini di komandani oleh Bapak Arip dengan kontak person 081255403464.

Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Tidak ada

Sasaran Kegiatan