Tim Keluarga Berencana Keliling (TKBK) Dari Kecamatan ke Kelurahan/Desa di Kampung KB Kelurahan Salok Api Laut

KAMPUNG KB KELAPA GADING
Dipublikasi pada 26 August 2019

Deskripsi

Pelayanan KB gratis Tim Keliling Keluarga Berencana (TKBK) dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2019 di Kampung KB Kelapa Gading Kelurahan Salok Api Laut bekerjasama dengan Puskesmas Samboja, Puskesmas Pembantu Ambarawang Laut, Puskesmas Pembantu Salok Api Laut, PPKBD dan sub PPKBD dan Perwakilan Kelurahan Salok Api Laut. Jumlah akseptor yang dilayani sebanyak 40 orang diantaranya 6 akseptor IUD, 8 akseptor implant, 19 akseptor suntik, 7 akseptor pil. Terdapat beberapa akseptor yang sebelumnya menggunakan pil dan suntik beralih menggunakan IUD dan Implan, ini semua berkat kesadaran warga dan konseling yang diberikan. Pada kegiatan TKBK di Kampung KB Kelapa Gading Salok Api Laut turut hadir dari Dinas P2KB Kabupaten Kutai Kartanegara yaitu Ibu Dra. Zaifah Burbani selaku Kepala Bidang KB, H. Budiyanto dan Staf. Dan hadir pula Ibu Nurhasanah selaku Kasie Sosial Kelurahan Salok Api Laut, serta seluruh PLKB Samboja dan Pokja Kampung KB. Kemudian terdapat 3 orang bidan dan 1 perawat yang turut melakukan pelayanan KB.


Pelayanan medis KB gratis (TKBK) ini dilaksanakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kabupaten Kutai Kartanegara beserta PLKB Kecamatan Samboja pada tahun 2019, tidak menutup kemungkinan kegiatan ini dilakukan secara rutin di kelurahan-kelurahan lain, jadi tidak hanya di Kampung KB saja. Selain melakukan pelayanan medis KB, DP2KB Kabupaten Kutai Kartanegara dan PLKB memberikan ruang tersendiri bagi akseptor untuk melakukan konsultasi mengenai alat kontrasepsi apa yang cocok bagi dirinya dan sesuai dengan kepentingannya pula. Selain daripada itu DP2KB Kabupaten Kutai Kartanegara dan PLKB Kecamatan Samboja mengharapkan kegiatan ini juga untuk mendorong PUS agar tidak hanya melakukan pemasangan alat kontrasepsi KB jangka pendek atau jangka menengah (Non MKJP), tetapi melakukan pemasangan alat kontrasepsi KB jangka panjang (MKJP).


TKBK merupakan suatu kegiatan dalam bentuk pelayanan KB secara gratis kepada warga dan menjadi salah-satu upaya jitu mengendalikan tingkat kelahiran penduduk. Dalam pelayanannya, DP2KB  menyediakan secara gratis alat KB berupa pemasangan pemasangan Intra Uterin Device (IUD), Implant / Susuk KB, Suntik dan Pil. Dalam kegiatan itu pula diberikan pemahaman mengenai perencanaan keluarga secara baik. Perencanaan keluarga ditujukan agar keluarga dapat menjadi keluarga sejahtera dan masing-masing anak mendapat perhatian serta kasih sayang yang seharusnya dari orangtua.


Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan