PENJARINGAN KESEHATAN DAN PEMERIKSAAN KESEHATAN BERKALA

Kubu Gadang
Dipublikasi pada 24 August 2022

Deskripsi

Kegiatan Penjaringan kesehatan dan Pemeriksaan Kesehatan Berkala Peserta Didik tingkat SD /MI di wilayah kerja Puskesmas Gunung Kota Padang Panjang.

Pemeriksaan kesehatan anak sekolah merupakan kegiatan pemeriksaan kesehatan dasar yang bertujuan untuk mengetahui status kesehatan siswa sebagai salah satu upaya deteksi dini jika siswa memiliki masalah kesehatan.

Untuk Bulan Agustus Tahun 2022, Kegiatan Penjaringan kesehatan dan Pemeriksaan Kesehatan Berkala dilakukan di seluruh SD wilayah kerja Puskesmas Gunung. Pada kegiatan ini juga diadakan pemberian obat cacing dan penyuluhan kesehatan.

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi Pemeriksaan kebersihan perorangan, Pemeriksaan status gizi meliputi pemeriksaan Berat Badan (BB),Tinggi Badan (TB), Pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, Pemeriksaan kesehatan & ketajaman indera penglihatan dan pendengaran, Pemeriksaan kebugaran jasmani , Pendeteksiaan riwayat kesehatan keluarga, Pendeteksiaan riwayat kesehatan diri, Gaya hidup, Pemeriksaan kesehatan mental emosional serta Modalitas belajar & dominasi otak melalui kuesioner.

Apabila ditemukan suatu masalah kesehatan yang membutuhkan penanganan lebih lanjut, maka tindakan lanjut dari penjaringan kesehatan ini adalah dengan melakukan rujukan peserta didik ke Puskesmas.

Kegiatan diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran  peserta didik sejak dini cara hidup bersih dan sehat yang dapat dimulai dari lingkungan sekolah dan dapat di terapkan dimana pun mereka berada.
Sesi Kegiatan Perlindungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan