BIDIK CATIN (Bimbingan dan Pendidikan Calon Pengantin)

Kubu Gadang
Dipublikasi pada 22 November 2022

Deskripsi

BIDIK CATIN merupakan singkatan dari Bimbingan dan Pendidikan bagi Calon Pengantin, dimana calon pengantin yang menjadi sasaran pada program BIDIK CATIN ini tidak hanya calon pengantin yang akan segera melangsungkan pernikahan, tetapi menyasar jauh sebelum itu pada remaja usia akhir (19-24 tahun yang belum menikah).

Program BIDIK CATIN ini merupakan inovasi Penyuluh KB Pembina wilayah Kelurahan Ekor Lubuk, sebagai salah satu aksi dalam percepatan penurunan stunting yang dimulai dari hulu, yaitu remaja yang akan menjadi calon pengantin.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi, bimbingan dan pendampingan pada Remaja usia akhir dan calon pengantin tentang Perencanaan Kehidupan Berkeluarga dan Pembinaan Keluarga Sehat, sehingga diharapkan remaja/catin ini sudah mempersiapkan diri sehat lahir batin untuk membangun keluarga dan melahirkan generasi penerus yang sehat terbebas dari stunting.

Kegiatan ini dihadiri oleh Remaja Putri usia 19-24 tahun yang belum menikah yang berdomisili di Kelurahan Ekor Lubuk. Juga dihadirkan pengelola gizi Puskesmas Gunung untuk penguatan KIE tentang Gizi Remaja dan Gizi 1000 HPK.
Setelah mengikuti kegiatan ini peserta menjadi paham tentang kesiapan pernikahan dan perencanaan keluarga sehat.

Kegiatan ini terlaksana dikarenakan usaha yang dilakukan oleh Penyuluh KB sehingga dengan bantuan PPKBD dan difasilitasi oleh Aparat Kelurahan Ekor Lubuk.

Kegiatan ini terlaksana dengan antusias peserta cukup baik.

Sesi Kegiatan Reproduksi

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan