PENDAMPINGAN BALITA DENGAN STATUS GIZI KURANG

Kubu Gadang
Dipublikasi pada 22 September 2022

Deskripsi

Gizi kurang merupakan suatu keadaan dimana kebutuhan nutrisi pada tubuh tidak terpenuhi dalam jangka waktu tertentu sehingga tubuh akan memecah cadangan makanan yang berada di bawah lapisan lemak dan lapisan organ tubuh (Adiningsih, 2010).

Menurut (Moehji, Sjahmien. 1999) kasus gizi buruk dan gizi kurang ditengarai akibat rendahnya pengetahuan orang tua mengenai gizi keluarga, faktor ekonomi keluarga yang tidak memadai, faktor sosial budaya serta sanitasi rumah tangga yang buruk sehingga anak tidak mendapat asupan gizi yang cukup dan mudah terkena penyakit.

Oleh sebab itu pemerintah Kelurahan Ekor Lubuk serius dalam penanganan kasus gizi kurang ini dengan melibatkan peran aktif masyarakat melalui kegiatan Pos Gizi, yang dibina oleh Puskesmas Gunung.


Melalui kegiatan Pos Gizi ini secara terpadu berbagai kegiatan dari berbagai lintas sektor dilaksanakan, demi mengoptimalkan peningkatan kesehatan balita, terutama orangtua sebagai pemberi pengasuhan pada balita.

Pendampingan juga dilakukan oleh berbagai pihak, seperti :

- TP PKK Kota Padang Panjang, Kecamatan Padang Panjang Timur dan Kelurahan Ekor Lubuk, memberikan pendampingan dan motivasi pengoptimalan pengasuhan pada anak.

- Jajaran Puskesmas Gunung, memberikan pendampingan dan edukasi terkait menu makanan balita dengan gizi kurang

- Penyuluh KB Pembina wilayah memberikan pendampingan dan edukasi perencanaan keluarga melalui program KB agar lebih optimal memberikan asah, asih dan asuh pada anak.

- serta pihak lainnya yang peduli dalam mewujudkan SDM Indonesia unggul berkualitas.

Kegiatan ini terlaksanan dengan antusias peserta cukup baik.

Sesi Kegiatan Kasih Sayang

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan