PEMBERIAN TAMBAHAN ASUPAN GIZI MELALUI POS GIZI AMPEK JURAI

Kubu Gadang
Dipublikasi pada 21 September 2022

Deskripsi

Gizi kurang merupakan suatu keadaan dimana kebutuhan nutrisi pada tubuh tidak terpenuhi dalam jangka waktu tertentu sehingga tubuh akan memecah cadangan makanan yang berada di bawah lapisan lemak dan lapisan organ tubuh (Adiningsih, 2010).

Menurut (Moehji, Sjahmien. 1999) kasus gizi buruk dan gizi kurang ditengarai akibat rendahnya pengetahuan orang tua mengenai gizi keluarga, faktor ekonomi keluarga yang tidak memadai, faktor sosial budaya serta sanitasi rumah tangga yang buruk sehingga anak tidak mendapat asupan gizi yang cukup dan mudah terkena penyakit.

Oleh sebab itu Puskesmas Gunung melibatkan pemerintah kelurahan wilayah kerjanya, termasuk Kelurahan Ekor Lubuk, serius dalam penanganan kasus gizi kurang ini dengan melibatkan peran aktif masyarakat melalui kegiatan Pos Gizi Ampel Jurai, yang dibina oleh Puskesmas Gunung.

Pelaksanaan Pos Gizi dalam tahun 2022 sudah berlangsung 10 putaran, dimana masing-masing putaran dilaksanakan selama 10 hari berturut-turut. Setiap harinya balita dengan status gizi kurang yang menjadi sasaran kegiatan diberikan menu makanan yang sehat dan bergizi sesuai dengan rekomendasi dokter dan ahli gizi Puskesmas Gunung. Seluruh menu dimasak dan disajikan oleh kader pos gizi.

Pelaksanaan Pos Gizi diterapkan dengan cara Ibu membawa balita ke Posko Pos Gizi Ampek Jurai untuk kemudian bisa dilakukan monitoring dan evaluasi cara pengasuhan anak oleh ibu.

Melalui kegiatan Pos Gizi ini secara terpadu berbagai kegiatan dari berbagai lintas sektor dilaksanakan, demi mengoptimalkan peningkatan kesehatan balita, terutama orangtua sebagai pemberi pengasuhan pada balita.

Kegiatan ini terlaksana dengan antusias peserta cukup baik.

Sesi Kegiatan Kasih Sayang

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan