Studi Lapangan Pokja Kampung KB Desa Pulau Aro Kuansing ke Kampung KB Kubu Gadang

Kubu Gadang
Dipublikasi pada 10 November 2023

Deskripsi

Rombongan dari Desa Pulau Aro, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau yang merupakan peserta pelatihan akselerasi peran serta lembaga desa, laksanakan kunjungan studi lapangan ke Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT), Sabtu (11/11).

Rombongan yang dipimpin Kepala Desa Pulau Aro, Herlianto bersama ketua TP-PKK, Penyuluh KB, Tetty Eri Indrawati ini, terdiri dari kader Pokja Kampung KB, kader Rumah Data Kependudukan (DataKu), Posyandu Poslansia, dan kader BKB berjumlah 30 orang.

Mereka disambut Lurah Ekor Lubuk, Akbar Syah, S.H,  Ketua TP-PKK, Sandra Leni, A.Md. Keb, PLKB Ekor Lubuk, Rizki Meylinda Emzet, A.Md. Keb, Ketua Pokja Kampung KB, Noviendy, S.H beserta pengurus Kampung KB Kubu Gadang.

“Studi tiru ini terkait dengan peningkatan kualitas Kampung KB mereka dan bagaimana cara pencegahan stunting di Kampung KB Kubu Gadang,” kat Herlianto.

Rombongan juga meninjau Rumah DataKu Kubu Gadang  guna melihat secara langsung bagaimana publikasi data  Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Rumah ini juga terintegrasi dengan Literasi Kelurahan, Podcast Dakdikduk (Diskusi Asik Pendidikan Kesehatan), dan Pesat (Pojok Edukasi Kependudukan bagi Masyarakat). Di sini, rombongan begitu antusias mendengarkan paparan perjalanan kesuksesan Kampung KB Kubu Gadang.

Mereka juga menyaksikan secara langsung kegiatan Dahsat (Dapur Sehat Atasi Stunting) yang sedang berlangsung bersamaan dengan kunjungan itu. 

“Semoga apa yang dilihat di Kubu Gadang ini, dapat menginspirasi dan memotivasi Kampung KB Pulau Aro dalam menggerakkan program KKBPK,” ujar Akbar Syah.

Di akhir kunjungan, Herlianto memberikan plakat sebagai cenderamata yang khusus didesain sebagai kenang-kenangan untuk Kampung KB Kubu Gadang.
Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan