PERTEMUAN GAPOKTAN SUMBERHARJO PRAMBANAN

SUMBERHARJO
Dipublikasi pada 17 April 2023

Deskripsi

Kegiatan gapoktan sumberharjo ini dilakukan secara rutin, pada kesempatan ini dilaksanakan di pendopo kantor lurah sumberharjo, yang dihadiri sekitar 50 orang peserta.
Hadir juga Lurah Sumberharjo dan perangkat kalurahan sumberharjo. Sebagai pembina kegiatan adalah dari BP4 Prambanan. Materi kegiatan adalah Pelatihan Pembuatan biosaka nusantara.
Memang penggunaan pupuk kimia sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman sehingga menghasilkan peningkatan produksi. Namun BIOSAKA sebagai salah satu inovasi dalam menekan penggunaan pupuk kimia bagi tanaman sangat mendukung pengurangan penggunaan pupuk kimia.
Biosaka adalah bahan dari larutan tumbuhan atau rerumputan yang diketahui mampu melindungi tanaman dari serangan hama dan penyakit dan mampu menekan penggunaan pupuk mencapai 50-90 persen.  Biosaka terdiri dari suku kata Bio dan Saka, Bio singkatan dari Biologi, dan Saka singkatan dari Soko Alam Kembali Ke Alam atau dari Alam Kembali ke Alam adalah inovasi yang telah dikembangkan oleh petani dari bahan baru-terbarukan yang tersedia melimpah di alam. Tanaman elisitor adalah suatu tanaman yang mengandung senyawa kimia yang dapat memicu respon fisiologi, morfologi dan akumulasi fitoaleksin, meningkatkan aktivasi dan ekspresi gen yang terkait dengan biosintesis metabolit sekunder.

Kegiatan ini terlaksana dengan baik.

Sesi Kegiatan Ekonomi

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan