RAPAT KOORDINASI RELAWAN SUMBERHARJO (RESUM) KALURAHAN SUMBERHARJO PRAMBANAN SLEMAN

SUMBERHARJO
Dipublikasi pada 17 June 2023

Deskripsi

Pertemuan rapat koordinasi Relawan Sumberharjo (Resum) dilaksanakan di ruang rapat kantor lurah sumberharjo, dimulai pada pukul 20.30 WIB.
Pertemuan dibuka oleh bapak bukhori selaku jogoboyo kalurahan sumberharjo dengan do'a bersama.
Sambutan dan arahan oleh lurah sumberharjo bapak kurniawan widiyanto, S.E , menyampaikan informasi :
- Pertemuan relawan sumberharjo tidak hanya saja ketika tanggap bencana, tapi juga di kesempatan lain.
- Relawan sumberharjo melakukan kegiatan kerelawanan dengan senang hati
- Mitigasi bencana dalam rangka pengurangan resiko bencana di awal tahun ini menggunakan dana operasional lurah, berupa normalisasi sungai, dari padukuhan pereng  hingga padukuhan dayakan, dengan menggunakan alat berat (backhoe), dengan segala konsekwensi dan tingkat kesulitannya proses normalisasi sungai bisa berjalan dengan baik, selesai lebih dari satu minggu. Dengan harapan apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi tidak terjadi banjir lagi di sekitar hunian warga.
Persiapan menghadapi lomba kalurahan inovatif pada tanggal 19 juni yang akan datang mewakili kapanewon prambanan. Persiapan sudah dilakukan, salah satunya yaitu potensi RELAWAN SUMBERHARJO (RESUM). Sisi inovatif yang sudah dilakukan adalah mitigasi edukasi di sekolahan TK masyithoh 3 kantangan pereng. Kegiatan ini akan dilanjutkan ke sekolah-sekolah lain se sumberharjo.
Pendataan spot-spot yang terdampak bencana sudah dilakukan, seperti di padukuhan pereng, sengir, dayakan, dan gamparan.
Persiapan menyambut tim juri lomba kalurahan inovatif sleman, relawan diharapkan bisa menampilkan simulasi atau yel-yel bisa juga penampilan lain.

Ketua RESUM bapak sri widodo menyampaikan bahwa perlunya pelatihan peningkatan kemampuan dalam penanganan PPGD yang tepat bagi relawan sumberharjo, penanganan korban bencana, sehingga apabila relawan sudah menguasai ilmunya barulah action di sekolah-sekolah kaitannya dalam pelaksanaan program mitigasi kebencanaan. Selain itu juga kemampuan relawan dalam menghadapi kebencanaan berupa pohon tumbang dan sebagainya.
Masih kaitannya dengam lomba kalurahan inovatif, relawan sumberharjo untuk menampilkan dokumen yang akan didisplay di stan RESUM. Didata pula personil yang akan standby di stan dalam menyambut tim juri.
Jogoboyo sumberharjo menyampaikan informasi tanggal 20 sampai dengan 21 Juni 2023 yang akan datang ada kegiatan peningkatan kapasitas berupa pelatihan pengelolaan peralatan penanggulangan bencana dengan narasumber dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sleman.

Pembahasan tentang PKK Tanggap & Tangguh Bencana Alam disampaikan oleh saudara rendra, yang kaitannya juga untuk lomba kalurahan inovatif tersebut

Setelah diskusi, pembahasan, dan tanya jawab selesai acara ditutup, dengan do'a bersama pula oleh jogoboyo sumberharjo, dilanjutkan dengan shooting video yel-yel Relawan Sumberharjo yang dipimpin langsung oleh lurah sumberharjo bapak kurniawan widiyanto, S.E, di pendopo kalurahan sumberharjo dengan kameraman saudara ari selaku staf jogoboyo.

Acara dihadiri oleh Lurah Sumberharjo, Jogoboyo Sumberharjo, Anggota RESUM Sumberharjo dan juga Bhabinkamtibmas Sumberharjo bapak Kismanto ini terlaksana dengan sangat baik.

RELAWAN SUMBERHARJO ...... TANGGAP ..... TANGKAS ......TANGGUH,  RELAWAN SUMBERHARJO ...... SIAP SIAGA


Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan