PELATIHAN PENGHAPUSAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (PKDRT) PADUKUHAN SAWO SUMBERHARJO PRAMBANAN

SUMBERHARJO
Dipublikasi pada 18 June 2023

Deskripsi

Pelatihan Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga di padukuhan sawo dilaksanakan di rumah ibu Erna Dwi Wijayanti (dukuh sawo), pada hari Minggu tanggal 18 Juni 2023. Peserta yang hadir sebanyak 10 orang.

  • Metode Simulasi PKDRT terbukti sangat efektif untuk mensosialisasikan UU PKDRT. Simulasi juga dapat digunakan untuk penyuluhan KDRT, karena dalam permainan simulasi ada diskusi antarpeserta membahas suatu topik. Dalam diskusi, para peserta bebas menyampaikan pendapat sesuai topik yang dibahas.
  • Dalam diskusi, para peserta bebas menyampaikan pendapat sesuai topik yang dibahas. Permainan simulasi juga sebagai pembelajaran demokrasi, mengingat setiap peserta memiliki hak yang sama untuk menyampaikan pendapatnya, serta mendengarkan dan menanggapi pendapat peserta lain. Simulasi juga dapat mempercepat pemahaman peserta terhadap nilai-nilai PKDRT. Pada akhirnya diharapkan, masyarakat mampu mengantisipasi perilaku tindakan kekerasan sejak awal, yang selanjutnya dapat bertindak dengan bijak melakukan pencegahan kekerasan dalam rumah tangga.

Kegiatan ini terlaksana dengan baik.

Sesi Kegiatan Perlindungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan