MAHASISWA JURUSAN PERTANIAN UNIVERSITAS 11 MARET SURAKARTA KUNJUNGAN PENELITIAN BUDIDAYA TANAMAN UMBI GARUT DI PADUKUHAN SENGIR SUMBERHARJO PRAMBANAN

SUMBERHARJO
Dipublikasi pada 08 July 2023

Deskripsi

Kegiatan kunjungan penelitian mahasiswa UNS surakarta di padukuhan sengir adalah daram rangka penelitian budidaya tanaman umbi garut di padukuhan sengir, khususnya di RT.003 RW. 026.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pembudidayaan tanaman garut yang dilakukan oleh petani khususnya petani di padukuhan sengir (RT.003 RW.026) dan mengetahui besarnya keuntungan yang didapat dari budidaya tanaman garut yang diusahakan oleh petani yang tergabung di kelompok wanita tani (KWT) sari makmur.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dalam bentuk survei tentang pembudidayaan tanaman garut oleh petani di padukuhan sengir RT.003 RW.026 demplot pemupukan pada penanaman garut sebagai pembanding terhadap hasil tanaman garut yang dihasilkan oleh petani.

Hasil penelitian menunjukkan:
(1) Wilayah padukuhan sengir  RT.003 RW.26 mempunyai kondisi dan luas lahan yang memungkinkan untuk pengembangan tanaman garut.
(2) Cara-cara pembudidayaan tanaman garut yang dikerjakan petani umumnya masih sangat konvensional. Meskipun demikian tanaman garut yang mereka usahakan mampu menyumbang pendapatan bagi keluarga yang cukup bermakna.

Kegiatan ini terlaksana dengan baik.

Sesi Kegiatan Ekonomi

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan