Pemberdayaan Kelompok Masyarakat di Kampung Keluarga Berkualitas Pada program dashat

Kampung Keluarga Berkualitas Bugel
Dipublikasi pada 28 November 2022

Deskripsi


kegiatan Pemberdayaan Kelompok Masyarakat di Kampung Keluarga Berkualitas khususnya berkaitan dengan Program Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT). Acara yang diselenggarakan di Balai Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan tersebut dihadiri oleh perwakilan pengurus kampung KB dari Kalurahan Kebonharjo, Banjaroyo, Kranggan, Purwosari, Triharjo, Kaliagung, Donomulyo, dan Jatirejo beserta Penyuluh KB Pendamping dari masing-masing kampung KB. Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung capaian kegiatan DASHAT di Kampung KB yang wilayah garapannya meliputi satu kalurahan dan diharapkan kalurahannya mempunyai 1 Kampung KB serta kegiatan DASHAT.

Selain kebijakan pemerintah kalurahan, materi mengenai gizi seimbang untuk percepatan penurunan stunting juga disampaikan Diah Nur Kholis Ardiana dari Puskesmas Panjatan II. Dalam pemaparannya Diah menyampaikan pentingnya pemenuhan gizi pada masa 1000 HPK untuk mencegah stunting. “Kemudian visualisasi gizi seimbang dalam Isi Piringku dan porsi makan tidak sama antara kelompok umur dewasa, balita dan bayi“, tutur Diah. Selain itu, pemberian protein hewani (telur dan susu) berdasarkan penelitian terbukti dapat mencegah dan atau menurunkan prevalensi stunting.

Kegiatan dilanjutkan dengan demo masakan PMT untuk anak stunting yang dilakukan oleh anggota UPPKA Kalurahan Bugel. Para peserta dapat melihat sampel masakan yang selama ini diberikan kepada balita stunting penerima PMT. Selain itu anggota UPPKA juga memraktekkan cara memasak serta menjelaskan komposisi bahan yang terkandung dalam masakan. Peserta juga diperbolehkan untuk mencoba masakan yang telah dibuat.



Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan