Bimtek Pengelolaan Kampung Keluarga Berkualitas

Kampung Keluarga Berkualitas Bugel
Dipublikasi pada 16 October 2023

Deskripsi

Selasa (17/10/2023) BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Bimtek Pengelolaan Kampung Keluarga Berkualitas di Aula Kantor Kalurahan Bugel. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN DIY beserta jajarannya, Perwakilan Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo, Panewu Panjatan, Lurah Bugel yang diwakili Carik, PKB/PLKB Panjatan, Ahli Gizi Puskesmas Panjatan II, Kader Dashat Kalurahan Bugel dan Gulurejo, serta pengelola web kampung KB dari beberapa kalurahan di Kulon Progo. 

Kegiatan bimtek diawali dengan sambutan dari Panewu Panjatan Jumarna, S.Ip dilanjutkan sambutan dari Perwakilan BKKBN DIY Dra. Ita Suryani, M.Kes. Narasumber pertama, Dia Nor Kholis Ardiana, A.Md. ahli gizi dari Puskesmas Panjatan II menyampaikan materi tentang pentingnya protein hewani dalam pemenuhan gizi seimbang bagi ibu hamil dan balita guna menunjang program percepatan penurunan stunting. Dalam materinya baliau menjelaskan tentang bagaimana menyajikan makanan yang tepat bagi balita sesuai dengan perkembangan usianya.

Selanjutnya, kader Dashat Kalurahan Gulurejo dan Bugel memaparkan menu makanan bagi balita yang telah disiapkan. Menu tersebut kemudian dinilai langsung oleh ahli gizi dari Puskesmas beserta Andi Ritamariani, M.Pd, Kepala Perwakilan BKKBN DIY yang menyatakan bahwa menu tersebut sudah sesuai untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang pada balita.

Diakhir acara, Andi Ritamariani, M.Pd. berharap target penurunan angka stunting khusunya di Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2024 nanti dapat tercapai diangka 14% sehingga mampu memberi sumbangsih pada tingkat nasional.

Sesi Kegiatan Kasih Sayang

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan