Kegiatan Poktan Kampung KB Cipasung

KAMPUNG KB CIPASUNG RW 05
Dipublikasi pada 21 February 2024

Deskripsi

Kampung KB merupakan wahana pemberdayaan masyarakat ditingkat Kelurahan merupakan salah satu program BKKBN dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
Pembinaan Kelompok Kegiatan (Poktan) (BKB, BKR, BKL, UPPKA) adalah pertemuan membahas mengenai kegiatan kelompok (BKB, BKR, BKL dan UPPKA) di Kampung KB.
Pertemuan kelompok kegiatan (Poktan) dan Tim Pendamping Keluarga (TPK) serta rencana Pelayanan KB Gratis bertujuan untuk menurunkan prevelensi stunting yang ada di Kecamatan Tamansari.


Adapun peserta untuk Kegiatan Poktan dan Tim Pendamping Keluarga (TPK) yaitu TPK, PPKBD, Kader BKB, BKL, BKR, UPPKA dan  Keluarga yang mempunyai Balita, Remaja dan Lansia. Untuk pelayanan KB Gratis sasarannya adalah Pasangan Usia Subur (PUS) yang ada di Kecamatan Tamansari.
Adapun Materi yang disampaikan pada acara ini yaitu tentang Kesehatan Fisik dan Mental Anak Bawah Dua Tahun (Baduta) selama 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).
Harapan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana setelah dilakukan pembinaan terhadap Kader Poktan dan Tim Pendamping Keluarga , kader BKB khususnya dan Tim Pendamping Keluarga mampu menyebarluaskan informasi ke seluruh sasaran keluarga beresiko stunting yang ada di Kecamatan Tamansari bahwa Pencegahan stunting pada anak dimulai dari sejak hamil hingga anak berusia 2 tahun (1000 HPK) yaitu dengan cara memberikan nutrisi yang cukup, Pola Asuh yang baik dan Positif, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat serta selalu mengantarkan Anak Balita nya untuk ke POSYANDU setiap Bulannya hingga anak berusia 5 tahun.

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan