Pertemuan Kelompok Kerja (Pokja)

KAMPUNG KB CIPASUNG RW 05
Dipublikasi pada 18 March 2024

Deskripsi

Pertemuan Kelompok Kerja (Pokja) Kampung KB (Keluarga Berkualitas) Kelurahan Mugarsaro, yang bertempat di Balai Riung Kampung KB Cipasung Kel. Mugarsari pada Selasa (19/3), Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Pokja Kampung KB Cipasung Bpk Nurdin, Pembina Pokja Kampung KB Kel. Mugarsari Lurah Rijal, Penyuluh KB selaku Fasilitator Muhammad Rizal Ramdhani, S.IP., serta seksi-seksi yang ada dalam Pokja Kampung KB. Kegiatan ini bersumber dari Dan BOKB tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan guna mengevaluasi kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan di Kampung KB dan membahas persiapan menghadap Lorong Wisata  kampung KB serta evaluasi perkembangan Kelurahan. Harapan kedepannya tersusun rencana kegiatan bulan selanjutnya dan mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi di Kampung KB Cipasung Kelurahan Mugarsari.


Penyuluh KB Kelurahan Mugarsari mengatakan Keberadaan seluruh program Bangga Kencana di dalam Kampung KB yang dikelola oleh kelompok kerja (Pokja) Kampung KB adalah sebuah langkah kombinasi dan kolaborasi program Bangga Kencana dalam mendukung Kampung KB sebagai wahana pemberdayaan masyarakat. Poktan Tribina (BKB, BKR, dan BKL) dalam satu wadah kegiatan keluarga yang mempunyai anak balita, remaja, dan lansia menjadi sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan orang tua dan anggota keluarga dalam pembinaan tumbuh kembang anak, remaja, dan lansia. Pertemuan Pokja Kampung KB merupakan salah satu bentuk upaya untuk penggalangan dan pemantauan berbagai kegiatan melalui sebuah pertemuan. Yang bertujuan untuk meningkatkan fungsi dan promosi Kampung KB melalui penggalangan kerja sama tim baik lintas program maupun lintas sektor serta terlaksananya kegiatan Kampung KB sesuai dengan perencanaan. “Pertemuan Pokja (Kelompok Kerja) Kampung KB Cipasung Kel. Mugarsari hari ini bertujuan mengevaluasi kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan di Kampung KB dan membahas persiapan menghadap lorong Wisata di kampung KB serta evaluasi perkembangan Kelurahan. Harapan kedepannya tersusun rencana kegiatan bulan selanjutnya dan mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi di Kampung KB Cipasung Kel. Mugarsari,”.


Sementara itu Koordinator KB Kecamatan Tamansari  menambahkan kegiatan Pertemuan Pokja Kampung KB Cipasung Kel. Mugarsari, Kampung KB menjadi model atau miniatur pembangunan yang melibatkan seluruh sektor di masyarakat. Diharapkan Kampung KB terus melakukan upaya inovasi, baik itu data yang akurat dan update, terkait keluarga berisiko stunting, inovasi program Bangga Kencana, dan percepatan penurunan stunting, serta penerpaan delapan fungsi keluarga. “Kehadiran Kampung KB bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kelurahan Mugarsari dan pembangunan sektor lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga sehat, Penerapan fungsi keluarga ini membantu keluarga lebih bahagia dan sejahtera, terbebas dari kemiskinan dan stunting. Delapan fungsi keluarga yaitu, fungsi keagamaan, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi, dan fungsi pembinaan lingkungan,”

Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan