Penyuluhan Poktan BKB
Deskripsi
Kegiatan dihadiri 25 orang peserta yang terdiri dari kader BKB dan Keluarga memiliki Balita Kelurahan Sicincin. Fasilitator kegiatan adalah Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) Payakumbuh Timur yaitu Ibu Hardiati,AMd.Keb. Agenda kegiatan adalah meningkatkan Pengetahun kader BKB dan Keluarga memiliki Balita kelurahan Sicincin tentang pengassuhan Anak dan penggunaan KKA saat pelaksanaan kegiatan integrasi. Disamping itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk monitoring pengisisn buku kegiatan kelompok BKB
Materi pertama berjudul “pengasuhan anak melalui Kelompok bina Balita”. Dalam materi ini dipaparkan bahw atujuan BKB adalah anak sehat, anak cerdas dan anak berkarakter. Sementara itu pengasuhan memiliki tiga tujuan utama yaitu 1) Memastikan bahwa anak berada dalam kondisi sehat dan aman, 2) Menyiapkan anak untuk menjadi pribadi yang produktif di masa depan, 3) Mewariskan nilai-nilai budaya. Sementara prinsip pengasuhan adalah Asah Asih Asuh. Selanjutnya dalam materinya dipaparkan 13 materi penyuluhan saat pertemuan BKB Holistik Integratif yag terdiri dari : Perencanaan Hidup Berkeluarga, 2. Konsep Diri Positif dan Konsep Pengasuhan, 3. Peran dan Keterlibatan Ayah, 4. Kesehatan Anak Usia Dini, 5. Pemenuhan gizi anak usia dini, 6. PHBS Pada anak usia dini 7. Rangsangan Perkembangan Gerakan Kasar dan Gerakan Halus, 8. Stimulasi Perkembangan Komunikasi Aktif dan Komunikasi Pasif, 9. Menolong diri sendiri dan tingkah laku social, 10) pengenalan kespro bagi anak, 11. Perlindungan Anak, 12. Menjaga Anak dari Pengaruh Media dan 13. Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.
Materi selanjberjudul “Pemantauan tubuh Kembang anak menggunakan KKA”. Awalnya disampaikan pengertian pertumbuhan an perkembangan. Dimana pertumbuhan merupakan proses perubahan fisik seseorang yang meliputi pertumbuha berat badan atau tinggi badan sesuai umurnya. Sementara perkembangan ialah proses perubahan perilaku dan mental seseorang, yang meliputi emosi, sosiala, kemampuan dan keterampilan.
Prinsip-prinsip tumbuh kembang anak meliputi : tumbuuh kembang anak adalah unik, mengikjuti pola tertentu, berlnagsung cepat dan dipengaruhi faktor bawaan dan lingkungan. Adapun cara menilai pertumbuhan adalah dengan datang ke posyandu dan memantau menggunakan KMS. Sementara menilai perkembangan adalah dengan datang ke BKB, mengikuti pertemuan BKB, memantau menggunakan KKA, menstimulasi seluruh aspek perkembangan anak dirumah melalui media dan interaksi.
Selanjutnya dipaparkan cara penggunaan KKA. KKA diisi oleh kader bersama orangtua, diisi saat pertemuan BKB, diisi di tempat penyuluhan BKB. Sementara KKA terdiri dari : Kolom Identitas anakdan orangtua, kolom tugas perkembangan anak, kolom angka disamping kode berisi angka nomor urut tugas perkembangan anak, kolom kotak-kotak memantau tugas perkembangan anak sesuai umurnya, kolom bulan dan tahun kelahiran, kolom pesan-pesan, dan cara asuh orangtua agar anak tumbuh kembang optimal.
Setelah pemaparan materi, dilakukan pemeriksaan buku-buku kegiatan bagi kader BKB. Dari pemantauan tersebut, masih ada kader yang tidak melengkapi buku kegiatan tersebut.