Gambaran Umum


KAMPUNG NELAYAN  BAJOMULYO

Karakteristik Fisik Wilayah Desa Bajomulyo

Desa Bajomulyo memiliki luas wilayah sebesar 78,64 ha/m2. Desa Bajomulyo berdekatan dengan pantai laut utara jawa. Bentuk permukaan tanahnya mulai datar sampai berombak dengan ketinggian rata-rata 5,8 mdpl. Di Desa Bajomulyo tidak terdapat sawah atau perkebunan karena jenis tanahnya kurang cocok untuk bertani atau berkebun. Tanah di Desa Bajomulyo dimanfaatkan sebagai lahan industri, tambak udang dan tambak bandeng.

Karakteristik Penduduk Dan Demografi Desa Bajomulyo
Desa Bajomulyo memiliki jumlah penduduk yakni sejumlah 5113 jiwa dan Jumlah penduduk ini terbagi penduduk laki-laki 2591 jiwa dan penduduk perempuan 2522 jiwa. Jumlah PUS 928 jiwa, PUS ber-kb 571 jiwa, PUS tidak ber-kb 357 jiwa. Sehingga diharapkan setelah adanya pencanangan kampung kb "BAHAGIA SEJAHTERA" PUS ber-kb yang awalnya pil dan suntik menjadi MKJP dan KONTAP.
 

Karakteristik Kegiatan Ekonomi Desa Bajomulyo

Kegiatan perekonomian di Desa Bajomulyo perikanan (nelayan). Sedangkan mata pencahariaan lain masyarakat Desa Bajomulyo berupa perdagangan, industri, sopir, buruh tani, PNS, dan karyawan swasta.
Kegiatan perekonomian di Desa Bajomulyo didukung dengan adanya TPI UNIT I, TPI UNIT II, pelabuhan, coldstroge, pabrik es, pom bensin khusus solar, KUD, pemindangan ikan, tempat perbaikan kapal (dok kapal) dan perusahaan kuningan.
Selain itu banyak pertokoan maupun UMKM yang berbasis online maupun offline.
 

Kondisi Aspek Lain Desa Bajomulyo
Aspek Kelembagaan Masyarakat
Terdapat beberapa lembaga untuk kepentingan masyarakat, baik lembaga negeri maupun swasta. Lembaga-lembaga ini bersifat publik atau umum dan bertugas melayani masyarakat. Aspek Sosial Budaya
Budaya dan seni di Desa Bajomulyo ini masih menjunjung adat istiadat terdahulu. Seperti adanya kebudayaan sedekah bumi, sedekah laut, haul Sayyid Abu Bakar, muludan dan juga suronan. Acara tersebut dilakukan setiap tahun sebagai ucap syukur terhadap hasil bumi dan laut selama satu tahun.
 
Desa Bajomulyo juga terdapat makam Sayyid Abu Bakar yang diyakini bahwa beliau adalah yang menyebarkan agama islam di desa Bajomlyo. Makam tersebut kemudian dijadikan komplek makam desa. Yang sekarang di kenal dengan Makam Krapyak.

Dari segi pendidikan Desa Bajomulyo tergolong lengkap. Dari TPA Ya'ummi Fatimah, Tk Ar- rohman dan Tk Mardi Mulyo, SD Negeri Bajomulyo dan MI Nurul Huda, Workshop SMK Bina Tunas Bhakti dan TPQ Ar-Rohman.
 

Aspek Pemerintahan
Desa Bajomulyo ini dipimpin oleh seorang kepala desa dan terdiri dari 4 RW dan 16 RT. Dengan perdukuhan yaitu dukuh Karangmangu.

Aspek Kesehatan dalam usir Stunting

Kampung KB Bahagia Sejahtera dilengkapi dengan PKD Poli klinik desa dan mobil ambulance  yang melayani 24 jam oleh bidan desa . Selain itu kampung KB bajomulyo  selalu mengedepankan kesehatan perempuan mulai persiapan  

pendewasaan perkawinan dengan pertemuan Remaja melalui PIK R /Posyandu Remaja setiap 2 bulannya dengan menghadirkan tenaga kesehatan,Penyuluh KB,Tenaga Gizi agar  remaja putri khususnya dapat memperhatikan dirinya baik dalam keseharianya baik pemenuhan gizi dan perawatan reproduksinya.Setelah Remaja sehat diharapkan setelah menikah siap untuk menyiapkan kehamilan yang sehat pula.

Dalam program 1000 HPK di desa Bajomulyo  juga melaksanakan persiapan Ibu Hamil melalui Kelas Ibu Hamil dan pendampingan  3 kelompokTPK serta pengawasan dari Tp.PKK ,Pemdes,Pendamping desa,PKH dan TNI Polri dalam hal mengajak aktif keluarga Ibu hamil untuk aktif dalam mengikuti pertemuan KIE kelas Ibu Hamil dan pemantauan Ibu hamil KEK/Anemia/Resiko Tinggi agar tidak terjadi AKI ( angka Kematian Ibu) di desa Bajomulyo yang dilaksanakan  tanggal 8 setiap bulannya.

Setelah melahirkan diharapkan masyarakat aktif datang ke posyandu/BKB /Kelas Ibu Balita yang dilaksanakan tanggal 10 setiap bulanya agar bayi mendapatkan Imunisasi lengkap,PMT,KIE Kesehatan,KB,Pentingnya stimulasi pada bayi,tumbuh kembang bayi,makanan sehat untuk bayi dan dapat berkonsultasi langsung pada tenaga kesehatan/PKB/Tp.PKK desa ,selain itu pula di desa bajomulyo juga memberikan PMT untuk bayi/balita yang status gizinya Kurang / Buruk/pendek/sangat pendek selama 3 bulan.

Dengan Desa Ramah Perempuan dan Peduli anak kampung KB Bahagia Sejahtera melakukan kegiatan secara bertahap ,dikelola oleh pemerintahan desa,pembanguanan desa,serta pembina dan pemberdayaan masyarakat desa,yang dilakukan secara terencana ,menyeluruh,berkelanjutan sesuai dengan visi pembangunan Indonesia .

Desa melakukan kegiatan dengan  mengajak aktif warga khususnya perempuan untuk meningkatkan ilmu baik formal maupun non formal ,mengikuti kegiatan desa ,PPK desa,Dawis dan keagamaan agar dapat menambahkan ilmu pengetahuan dalam berkeluarga,pengasuhan anak yang tepat sesuai perkembangan anaknya serta ilmu  peningkatan ekonomi melalui Upaya peningkatan keluarga Akseptor ( UPPKA) .

Ada pula pertemuan BKR  di setiap  Rukun warga ada yang dilaksanakan  hari kamis,jumat dan minggu.

Sedangkan untuk Lansia di desa bajomulyo juga ada posyandu Lansia/BKL /Posbindu PTM yang biasa dilaksanakan tanggal 12 setiap bulanya.

Segala upaya dan sinergitas dilakukan nkampung KB bahagia Sejahtera agar masyarat tumbuh sehat yang akan menjadikan kampung KB desa bajomulyo sehat warganya dan ekonominya.

Inovasi Kampung KB bahagia Sejahtera Ds. Bajomulyo

Dengan Slogan " Eka makan Ikan" ( Penganekaragaman Pengelolaan Ikan) budidaya sumber alam /kekayaan alam di desa Bajomulyo.

Desa bajomulyo terletak disepanjang sungai Silugonggo juwana ,desa baharikaya akan ikan laut serta sebagai daerah pertambakan bandeng dan udang maka desa bajomulyo berinovasi agar dapat memanfaatkan hasil laut dan tambak mulai dengan ikan asin auat yang dikenal "gereh" ada gereh layur,gereh dero,gereh teri ,gereh jambal,gereh tengiri dll.

Ada pula pengolahan ikan Asap yang sudah terkenal dengan masakan nusantara "Mangut Kepala Manyung" baik ikan asap kepala,atau daging iris nya sudah diimpor dan expor.

Selain itu ds.Bajomulyo ada pengepack kan ikan pindang yang terkenal dengan kegurihanya yang bisa langsung dipasarkan ke konsumen langsung ataupun di simpan di pabrik Cool Storige yang sudah tersedia di kampung KB.

Adapun inovasi lain selain ikan laut TP.PKK ,UPPKA,UMKM,Dinas Perikanan juga mengembangkan budi daya   olahan ikan tambak ada mulai krupuk udang,krupuk bandeng,krupuk duri bandeng,krupuk cumi,krupuk tengiri,ada bandeng presto,bandeng Krispy,otak oatak bandeng,bandeng cabut duri,pentol bandeng,bahakan sempolan hingga trasi yang sangat lezat.

Dan dengan hasil yang melimpah ikan laut serta ikan tambak banyak Turis manca negara yang sering belajar dan mendatangi desa bajomulyo sehingga desa bajomulyo bersama pendamping desa,TNI POLRI,Dinas Pariwisata berupaya untuk memberikan tempat yang nyaman dengan mendirikan home stay  mandiri  untuk tamu yang berkunjung ke desa Bajomulyo yang tepatnya terletak dibelakang balai desa  Bajomulyo.

Untuk mewujudkan desa yang bersih,indah ,rapi dan menarik kampung KB Bahagia Sejahtera menyediakan angkutan sampah hingga ke bank sampah agar tidak mencemari lingkungan dengan slogan "Angsa Bahagia Sejahtera"Angkutan Sampah Kampung KB Bahagia Sejahtera.

PROFIL KAMPUNG KB BAHAGIA SEJAHTERA DESA BAJOMULYO



                             " EXPLOR DAN BUDIDAYA HASIL LAUT UNTUK KESEJAHTERAAN DESA BAJOMULYO"



Statistik Kampung


Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur
Jumlah Jiwa
5270
Jumlah Kepala Keluarga
1680
Jumlah PUS
922
Persentase Partisipasi Keluarga dalam Poktan (Kelompok Kegiatan)

Keluarga yang Memiliki Balita
330
Keluarga yang Memiliki Remaja
441
Keluarga yang Memiliki Lansia
269
Jumlah Remaja
1294
PUS dan Kepesertaan Ber-KB
Total
700
PUS dan ketidaksertaan Ber-KB
Total
222

Status Badan Pengurus


Sarana dan Prasarana


Bina Keluarga Balita (BKB)
BKB

Bina Keluarga Balita (BKB)

Ada

Bina Keluarga Remaja (BKR)
BKR

Bina Keluarga Remaja (BKR)

Ada

Bina Keluarga Lansia (BKL)
BKL

Bina Keluarga Lansia (BKL)

Ada

Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA)
UPPKA

Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA)

Ada

Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R)
PIK R

Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R)

Ada

Sekretariat Kampung KB
Sekretariat KKB

Sekretariat Kampung KB

Ada

Rumah Data Kependudukan Kampung KB
Rumah Dataku

Rumah Data Kependudukan Kampung KB

Ada

Dukungan Terhadap Kampung KB


Sumber Dana Ya,
APBN
APBD
Dana Desa
Donasi/ Hibah Masyarakat
Perusahaan (CSR)
Swadaya Masyarakat
Kepengurusan/pokja KKB Ada
SK pokja KKB Ada
PLKB/PKB sebagai pendamping dan pengarah kegiatan Ada,
Murti Wahyuni, SE
196612071995032002
Regulasi dari pemerintah daerah Ada,
Surat Keputusan/Instruksi/Surat Edaran dari Gubernur
Surat Keputusan/Instruksi/Surat Edaran dari Bupati/Walikota
SK Kecamatan tentang Kampung KB
SK Kepala Desa/Lurah tentang Kampung KB
Pelatihan sosialisasi bagi Pokja KKB Ada
Jumlah anggota pokja yang sudah terlatih/tersosialisasi pengelolaan KKB 13 orang pokja terlatih
dari 13 orang total pokja
Rencana Kegiatan Masyarakat Ya
Penggunaan data dalam perencanaan dan evaluasi kegiatan Ya,
PK dan Pemutahiran Data
Data Rutin BKKBN
Potensi Desa
Data Sektoral

Mekanisme Operasional


Rapat perencanaan kegiatan Ada, Frekuensi: Tahunan
Rapat koordinasi dengan dinas/instansi terkait pendukung kegiatan Ada, Frekuensi: Bulanan
Sosialisasi Kegiatan Ada, Frekuensi: Bulanan
Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Ada, Frekuensi: Tahunan
Penyusunan Laporan Ada, Frekuensi: Bulanan