KEGIATAN PERTEMUAN POKJA KAMPUNG KB DALAM VALIDASI RUMAH DATA DI KAMPUNG KB DESA DUWET
Deskripsi
Hasil Kegiatan :
1. Materi dari Ibu Titik Kholadawila tentang Pentingnya Data Berkualitas Bagi
Perencanaan Pembangunan Desa
· Data adalah
keterangan objektif tentang suatu fakta baik dalam bentuk kuantitatif,
kualitatif, maupun gambar visual (images) yang diperoleh baik melalui observasi
langsung maupun dari yang sudah terkumpul dalam bentuk cetakan atau perangkat
penyimpan lainnya. Informasi adalah
data sudah terolah yang digunakan untuk mendapatkan interpretasi tentang suatu
fakta. Sistem data dan informasi adalah suatu sistem informasi yang diperlukan
bagi proses perencanaan untuk menghasilkan kebijakan dan keputusan tentang
rencana Pembangunan, sasaran dan hasilhasil yang telah dicapai.
· Alasan
dibutuhkannya suatu data adalah untuk mengetahui apakah ada persoalan atau
tidak serta untuk memecahkan persoalan yang sudah ada atau baru muncul, dan
yang perlu diperhatikan data harus obyektif, yaitu harus sesuai dengan keadaan
yang sebenarnya supaya informasi lebih dapat dipercaya atau benar, tepat waktu,
tidak kadaluwarsa dan relevan dengan kebutuhan. Dengan demikian dapat menyusun
perencanaan pembangunan dengan tepat, sesuai dengan kebutuhan bukan sesuai
dengan keinginan.
· Hambatan: Ketersediaan data
daerah yang kurang timely, sehingga terkadang perencanaan dilakukan dengan
menggunakan data yang tidak update
dan manajemen data yang kurang
diintegrasikan sehingga banyak data terpisah-pisah.
2. Materi dari ibu Yosephin Dian Puspita, S.I.Kom tentang
Pencatatan dan Pelaporan Kampung KB
·
Pencatatan
adalah kegiatan atau proses pendokumentasian suatu aktifitas
dalam bentuk tulisan, grafik, gambar dan suara. Pencatatan
dilaksanakan oleh masing-masing seksi di atas kertas, maupun file dalam
komputer yang ditujukan agar setiap kegiatan dan capaian dapat
terekam secara akurat sebagai informasi proses dan perkembangan program. Pencatatan sebagai dasar dalam
pembuatan pelaporan. Untuk
pencatatan kegiatan yang terkait dengan mekanisme operasional kampung KB,
yaitu:
•
Rapat
Perencanaan Kegiatan;
•
Rapat
Koordinasi dengan dinas/ instansi terkait pendukung kegiatan;
•
Sosialisasi
kegiatan;
•
Penyusunan
Laporan;
•
Monitoring
dan evaluasi.
·
Pelaporan dilakukan secara
online melalui website https://kampungkb.bkkbn.go.id. Tujuannya yaitu
untuk kemudahan,
kecepatan, keakuratan serta menjadi salah satu media sosial untuk Promosi
Kampung KB.
Pelaporan ini memuat tentang:
A. Profil Kampung KB: kepemilikan sekretariat, Poktan, Rumah Data, Kepengurusan, SK
Pengurus,dll
B. Profil Penduduk: jumlah PUS, jumlah remaja, jumlah keluarga yang memiliki
balita, jumlah keluarga yang memiliki remaja, jumlah keluarga yang memiliki
lansia, dll
C. Perkembangan Program KKBPK: Bulan dan tahun pengentrian data, keluarga
yang mengikuti BKB, BKR, BKL, jumlah yang memiliki jamkesmas.
3.
Materi
dari Ibu Titik Suyati tentang Pengelolaan Rumah Dataku
·
Rumah
DataKu adalah kelompok kegiatan (Poktan) masyarakat yang melaksanakan kegiatan
pengumpulan, verifikasi, analisis, penyajian serta pemanfaatan data
kependudukan dan informasi keluarga serta pembangunan di tingkat
desa/kelurahan. Rumah DataKu berkedudukan sebagai kelompok kegiatan yang
berdiri sendiri, berbasis masyarakat yang bersifat fungsional dalam rangka
penyediaan data kependudukan yang valid dan terbarukan, melalui skema dari, oleh, dan
untuk masyarakat.
·
Adapun
tujuan pembentukannya, Rumah DataKu terdapat tiga fungsi utama
rumah data kependudukan, yakni sebagai pusat data dan informasi, sebagai pusat intervensi permasalahan
kependudukan, KB dan pembangunan keluarga, serta sebagai instrumen pendidikan
kependudukan dan keluarga bagi masyarakat.
·
Tujuan
dari pendirian Rumah DataKu adalah sebagai berikut:
1.
Membangun kepedulian dan kesadaran akan data, permasalahan kependudukan,
dan pendidikan wawasan kependudukan dan keluarga bagi masyarakat.
2.
Membangun kelompok kegiatan dalam bidang data pada tingkat
mikro yang mampu menjadi rekan strategis pemerintah lokal dalam mengambil
keputusan dan kebijakan yang berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan
masyarakat
3.
Menyediakan data dan analisis kependudukan serta informasi
keluarga bagi pemerintah dan lintas sektoral dalam upaya memberikan intervensi
peningkatan kesejahteraan masyarakat yang tepat sasaran dan tepat guna.
·
Rumah
DataKu mempunyai mekanisme kegiatan yaitu :
1. Pengumpulan dan
pembaharuan data Rumah DataKu dengan melakukan pengumpulan dan pembaharuan berbagai jenis
data sesuai dengan panduan pengelolaan data tingkat desa/kelurahan.
2. Pengolahan data
Rumah DataKu melakukan pengorganisasian data hasil pengumpulan dan pembaharuan
sesuai dengan klasifikasi data.
3. Analisis data
Rumah DataKu melakukan analisis yang berkaitan dengan kebutuhan, persoalan,
maupun potensi daerah berdasarkan data yang telah dikumpulkan.
4. Penyajian data
Rumah DataKu melakukan penyajian data yang dianggap penting untuk disajikan
dalam berbagai bentuk media.
5.
Memberikan masukan atas temuan yang dianggap penting dan
perlu ditindaklanjuti Melakukan advokasi terhadap
pihak-pihak terkait untuk menindaklanjuti permasalahan permasalahan pembangunan
berbasiskan data kelompok sasaran yang jelas dan akurat