KEGIATAN PERTEMUAN POKJA KAMPUNG KB DALAM VALIDASI RUMAH DATA DI KAMPUNG KB DESA DUWET

Kampung KB Kedampul Desa Duwet Kecamatan Tumpang
Dipublikasi pada 29 August 2021

Deskripsi

Hasil Kegiatan     :

1.      Materi dari Ibu Titik Kholadawila tentang Pentingnya Data Berkualitas Bagi Perencanaan Pembangunan Desa

·      Data adalah keterangan objektif tentang suatu fakta baik dalam bentuk kuantitatif, kualitatif, maupun gambar visual (images) yang diperoleh baik melalui observasi langsung maupun dari yang sudah terkumpul dalam bentuk cetakan atau perangkat penyimpan lainnya. Informasi adalah data sudah terolah yang digunakan untuk mendapatkan interpretasi tentang suatu fakta. Sistem data dan informasi adalah suatu sistem informasi yang diperlukan bagi proses perencanaan untuk menghasilkan kebijakan dan keputusan tentang rencana Pembangunan, sasaran dan hasilhasil yang telah dicapai.

·      Alasan dibutuhkannya suatu data adalah untuk mengetahui apakah ada persoalan atau tidak serta untuk memecahkan persoalan yang sudah ada atau baru muncul, dan yang perlu diperhatikan data harus obyektif, yaitu harus sesuai dengan keadaan yang sebenarnya supaya informasi lebih dapat dipercaya atau benar, tepat waktu, tidak kadaluwarsa dan relevan dengan kebutuhan. Dengan demikian dapat menyusun perencanaan pembangunan dengan tepat, sesuai dengan kebutuhan bukan sesuai dengan keinginan.

·      Hambatan: Ketersediaan data daerah yang kurang timely, sehingga terkadang perencanaan dilakukan dengan menggunakan data yang tidak update dan manajemen data yang kurang diintegrasikan sehingga banyak data terpisah-pisah.

 

2.      Materi dari ibu Yosephin Dian Puspita, S.I.Kom tentang Pencatatan dan Pelaporan Kampung KB      

·      Pencatatan adalah kegiatan atau proses pendokumentasian suatu aktifitas dalam bentuk tulisan, grafik, gambar dan suara. Pencatatan dilaksanakan oleh masing-masing seksi di atas kertas, maupun file dalam komputer yang ditujukan agar setiap kegiatan dan capaian dapat terekam secara akurat sebagai informasi proses dan perkembangan program. Pencatatan sebagai dasar dalam pembuatan pelaporan. Untuk pencatatan kegiatan yang terkait dengan mekanisme operasional kampung KB, yaitu:

      Rapat Perencanaan Kegiatan;

      Rapat Koordinasi dengan dinas/ instansi terkait pendukung kegiatan;

      Sosialisasi kegiatan;

      Penyusunan Laporan;

      Monitoring dan evaluasi.

·      Pelaporan dilakukan secara online melalui website https://kampungkb.bkkbn.go.id. Tujuannya yaitu untuk kemudahan, kecepatan, keakuratan serta menjadi salah satu media sosial untuk Promosi Kampung KB.

Pelaporan ini memuat tentang:

A.    Profil Kampung KB: kepemilikan sekretariat, Poktan, Rumah Data, Kepengurusan, SK Pengurus,dll

B.     Profil Penduduk: jumlah PUS, jumlah remaja, jumlah keluarga yang memiliki balita, jumlah keluarga yang memiliki remaja, jumlah keluarga yang memiliki lansia, dll

C.     Perkembangan Program KKBPK: Bulan dan tahun pengentrian data, keluarga yang mengikuti BKB, BKR, BKL, jumlah yang memiliki jamkesmas.

 

3.      Materi dari Ibu Titik Suyati tentang Pengelolaan Rumah Dataku

·         Rumah DataKu adalah kelompok kegiatan (Poktan) masyarakat yang melaksanakan kegiatan pengumpulan, verifikasi, analisis, penyajian serta pemanfaatan data kependudukan dan informasi keluarga serta pembangunan di tingkat desa/kelurahan. Rumah DataKu berkedudukan sebagai kelompok kegiatan yang berdiri sendiri, berbasis masyarakat yang bersifat fungsional dalam rangka penyediaan data kependudukan yang valid dan terbarukan, melalui skema dari, oleh, dan untuk masyarakat.

·         Adapun tujuan pembentukannya, Rumah DataKu terdapat tiga fungsi utama rumah data kependudukan, yakni sebagai pusat data dan informasi, sebagai pusat intervensi permasalahan kependudukan, KB dan pembangunan keluarga, serta sebagai instrumen pendidikan kependudukan dan keluarga bagi masyarakat.

·         Tujuan dari pendirian Rumah DataKu adalah sebagai berikut:

1.    Membangun kepedulian dan kesadaran akan data, permasalahan kependudukan, dan pendidikan wawasan kependudukan dan keluarga bagi masyarakat.

2.    Membangun kelompok kegiatan dalam bidang data pada tingkat mikro yang mampu menjadi rekan strategis pemerintah lokal dalam mengambil keputusan dan kebijakan yang berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat

3.    Menyediakan data dan analisis kependudukan serta informasi keluarga bagi pemerintah dan lintas sektoral dalam upaya memberikan intervensi peningkatan kesejahteraan masyarakat yang tepat sasaran dan tepat guna.

·         Rumah DataKu mempunyai mekanisme kegiatan yaitu :

1.    Pengumpulan dan pembaharuan data Rumah DataKu dengan melakukan pengumpulan dan pembaharuan berbagai jenis data sesuai dengan panduan pengelolaan data tingkat desa/kelurahan.

2.    Pengolahan data Rumah DataKu melakukan pengorganisasian data hasil pengumpulan dan pembaharuan sesuai dengan klasifikasi data.

3.    Analisis data Rumah DataKu melakukan analisis yang berkaitan dengan kebutuhan, persoalan, maupun potensi daerah berdasarkan data yang telah dikumpulkan.

4.    Penyajian data Rumah DataKu melakukan penyajian data yang dianggap penting untuk disajikan dalam berbagai bentuk media.

5.    Memberikan masukan atas temuan yang dianggap penting dan perlu ditindaklanjuti Melakukan advokasi terhadap pihak-pihak terkait untuk menindaklanjuti permasalahan permasalahan pembangunan berbasiskan data kelompok sasaran yang jelas dan akurat

Sesi Kegiatan Lainnya

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan