Penyuluhan Toga Toma dalam Penguatan Program KKBPK

Kampung KB Desa Tlogosari Kecamatan Donomulyo
Dipublikasi pada 09 September 2020

Deskripsi

Tokoh Agama/Toga yaitu sesorang yang di dalam masyarakatnya dipandang sebegai seseorang yang paham akan kaidah keagamaan dan dalam kesehariannya seringkali melakukan aktifitas keagamaan, sehingga yang bersangkutan seringkali dijadikan panutan masyarakat dalam hal praktek keagamaan.
Tokoh Masyarakat/Toma yaitu seseorang yang di dalam masyarakatnya dipandang sebagai seseorang yang mempunyai pengetahuan, kearifan dan pengalaman dalam beberapa hal, sehingga seringkali yang bersangkutan dijadikan pusat rujukan oleh masyarakat.
Peran Toga dan Toma
Diarahkan untuk hal-hal yang bersifat penggerakan, yaitu suatu upaya untuk mengajak masyarakat berpartisipasi terhadap program KB, serta mempengaruhi stakeholder seperti LSM, Provider (Penyedia layanan kesehatan), serta berbagai intitusi masyarakat pedesaan lainnya untuk mendorong agar turut serta melaksanakan Program KB di wilayahnya.
Kegiatan Toga dan Toma diantranya dengan melakukan Advokasi dan KIE terhadap pelayanan KB bermutu, pelaksanaan promosi dan konseling KB di tempat pelayanan, pengelola kegiatan UPPKS, BKB, BKR, BKL, PIK Remaja, serta agar dapat membentuk jaringan kerja di wilayahnya. Kegiatan tersebut dapat dilaksanakan dengan bergabung pada kegiatan Rapat Koordinasi Desa, Pertemuan Desa, Kunjungan Tokoh Masyarakat, Pertemuan Rutin Keagamaan pengajian dan Rapat Badan Perwakilan Desa.
Dengan adanya peran Toga dan Toma tersebut diharapkan semua Toga Toma yang ada di Desa Tlogosari ini dapat melakukan kegiatnya masing-masing secara maksimal agar terciptanya Desa Tlogosari yang maju.

Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan