Penyuluhan Kelompok PIK Remaja dalam PUP

Kampung KB Desa Tlogosari Kecamatan Donomulyo
Dipublikasi pada 10 September 2020

Deskripsi

Program genre
 Salah satu program BKKBN dalam membantu dan memfasilitasi terwujudnya Tegar Remaja, yaitu remaja yang berperilaku sehat, terhindar dari risiko Triad KRR, menunda usia pernikahan, mempunyai perencanaan kehidupan berkeluarga untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera serta menjadi contoh bagi teman sebaya.
Manfaat dari program Genre diantaranya
- Sebagai media informasi mengenai penyiapan keluarga berencana pada remaja menyongsong kehidupan berkeluarga yang lebih baik.
- Menyiapkan pribadi membangun keluarga yang harmonis
- Memantapkan perencanaan dalam menata kehidupan berkeluarga.
- Sebagai acuan dalam menghadapi permasalahan remaja saat ini untuk menuju Revolusi Industri
Tujuan dari program Genre Meningkatkan pemahaman, pengetahuan, serta sikap dan perilaku positif remaja tentang kesehatan dan hak-hak reproduksi, guna meningkatkan derajat kesehatan reproduksinya dan menyiapkan kehidupan berkeluarga dalam upaya peningkatan kualitas generasi mendatang.
Pusat Informasi dan Konseling Remaja
Ambang batas tingkat kenakalan remaja telah sampai pada sangat mengkhawatirkan , perlunya langkah pasti untuk membentenginya konseling dari remaja untuk para remaja itu sendiri karena yang mengetahui masalah ramaja adalah remaja itu sendiri.
 Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja) adalah suatu wadah kegiatan program PKBR yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang Perencanaan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya. PIK Remaja adalah nama generik. Untuk menampung kebutuhan program PKBR dan menarik minat remaja datang ke PIK Remaja, nama generik ini dapat dikembangkan dengan nama-nama yang sesuai dengan kebutuhan program dan selera remaja setempat. PIK Remaja bertujuan untuk memberikan informasi PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja), Pendewasaan Usia Perkawinan, Keterampilan Hidup (Life Skills), Pelayanan Konseling dan Rujukan PKBR.

Sesi Kegiatan Keagamaan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan