Mekanisme Operasional Lini Lapangan Dalam Penyediaan Data dan Informasi Keluarga

Kampung KB Desa Tlogosari Kecamatan Donomulyo
Dipublikasi pada 17 June 2021

Deskripsi

Mekanisme Operasional Lini Lapangan Program Bangga Kencana
 Mekanisme Operasional Program Bangga Kencana adalah langkah-langkah operasional Program Bangga Kencana yang bekerja atau berfungsi dengan baik, teratur, terencana dan terus enerus , satu sama lain saling berkaitan, berkesinambungan, bersinergi dan berkelanjutan dengan melibatkan seluruh potensi yang ada di Kecamatan, Desa/Kelurahan , RW/Dusun dan RT dalam upaya mencapai sasaran Program Bangga Kencana.
 Mekanisme Operasional dapat dilihat dari beberepa perspektif diantaranya Perspektif Tingkatan Wilayah Pelaksana dan Pengelola serta Perspektif Rangkaian Kegiatan Mekanisme OperasionalMekanisme Operasional Lini Lapangan mempunyai tingkatan Kecamatan, Desa, Dusun/RW dan RT. Data dan Informasi Pengendalian Lapangan diantaranya :
1. Formulir R/I/POKTAN/15 dan R/I/SUB-PPKBD/15
a. Poktan dan IMP melaporkan R/I/POKTAN/ dan R/I/SUB-PPKBD/15 kepada PKB/PLKB paling lambat tanggal 1 setiap bulannya. Yang melaporkan petugas penghubung.
b. PKB/PLKB melaporkan bundel R/I/POKTAN dan R/I/SUB-PPKBD/15 kepada BPKB paling lambat tanggal 3 setiap bulannya. Yang melaporkan PKB/PLKB
c. BPKB melaporkan bundel R/I/POKTAN/15 dan R/I/SUB-PPKBD/15 maksimal tanggal 5 setiap bulanya. Yang melaporkan PPLKB/Koordinator.
d. BPKB Kecamatan memasukan data berkas R/I/POKTAN dan R/I/SDM/15 ke dalam aplikasi SIGA
2. Formulir K/0 (Data Potensi)
a. Poktam dan IMP melaporkan K/0/POKTAN/15 dan K/0/SDM/15 kepada PKB/PLKB paling lambat tanggal 1 februari setiap tahunya. Yang melaporkan adalah petugas penghubung.
b. PKB/PLKB melaporkan K/0/POKTAN/15 dan K/0/SDM/15 kepada BPKB paling lambat tanggal 3 februari setiap tahunya. Yang melaporkan adalah PKB/PLKB.
c. BPKB Kecamatan melaporkan K/0/POKTAN/15 dan K/0/SDM/15 kepada Unit Pengelola Data SKPD-KB Kabupaten/Kota paling lambat tanggal 5 februari setiap tahunya. Yang melaporkan adalah PPLKB/Koordinator.
d. BPKB Kecamatan melakukan entry berkas K/0/POKTAN/15 dan K/0/SDM/15 kedalam aplikasi SIGA.
 Dengan adanya kegiatan pada hari ini diharpakan untuk pelaporan data bisa lebih baik lagi sehingga tidak akan ada lagi keterlambatan dalam setiap pelaporan mulai dari tingkat Poktan/IMP sampai tingkat Kecamatan/PPLKB.


Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan