Pasca Hujan Lebat, Warga Kerja Bakti Membersihkan Sampah di Sungai

TIRTA KENCANA Wonorejokulon
Dipublikasi pada 30 January 2024

Deskripsi

Puluhan warga Desa Wonorejokulon, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, melakukan kerja bakti membersihkan sampah di jembatan desa setempat, Rabu (31/1). Kerja bakti ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya banjir akibat sampah yang tersangkut di jembatan dan bendungan.

Warga dibantu Bhabinkamtibmas dan anggota Polsek Butuh lainnya. Kehadiran pihak kepolisian menambah semangat para warga yang mengikuti kerja bakti.

Kepala Desa Wonorejokulon, Agus Zuhri H, S.Pd., mengatakan, kerja bakti ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari hujan lebat yang mengguyur wilayah Kecamatan Butuh selama dua hari terakhir. Hujan tersebut menyebabkan sampah-sampah terbawa aliran sungai dan menumpuk di jembatan dan bendungan.

"Sampah yang tersangkut di jembatan dan bendungan ini berpotensi mengganggu aliran sungai dan berpotensi menimbulkan dampak banjir," kata Agus.

Dalam kerja bakti tersebut, warga membersihkan sampah-sampah yang tersangkut di jembatan dan bendungan. Sampah-sampah tersebut merupakan sampah-sampah yang hanyut dari pemukiman di sekitar hulu dan sepanjang sungai. 

Agus berharap, kerja bakti ini dapat menjadi contoh bagi warga desa lainnya untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan. Ia juga mengimbau kepada warga untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama di sungai.

"Mari kita jaga kebersihan lingkungan kita agar tidak terjadi banjir," kata Agus.

Kerja bakti ini mendapat apresiasi dari warga. Mereka berharap, kegiatan serupa dapat dilakukan secara rutin agar lingkungan desa tetap bersih dan terhindar dari banjir.

"Kerja bakti ini sangat bermanfaat untuk lingkungan kita. Semoga kegiatan ini dapat terus dilakukan secara rutin," kata salah seorang warga, Sugeng.

Sesi Kegiatan Pembinaan Lingkungan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan