KEGIATAN COOKING CLASS PAUD LATANZA

BUMI KENCANA
Dipublikasi pada 18 February 2024

Deskripsi

  1. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan motorik anak terutama motoik halus. Pada dasarnya anak sering meminta bantuan guru untuk membuat karya dan berinisiatif membuat bentuk-bentuk yang diinginkan.
  2. Artinya pada kesempatan ini anak dapat bereksplorasi melalui bahan-bahan tersebut sehingga mampu menciptakan hal yg baru untuk mendukung kemampuan kreativitasnya.

    • Membentuk kue sesuai dengan idenya, Memberikan kesempatan menata alat/bahan sesuai dengan kreativitasnya. Oleh karena itu dapur menjadi lingkungan yang baik untuk belajar bagi anak. Ketika anak di dapur mereka melibatkan berbagai indra.
    • Memasak memberikan kesempatan bagi anak untuk membantu perkembangan bahasa yaitu ketika anak berbicara dan mendeskripsikan apa yang dilakukan dapat membuat anak-anak mengenal kata-kata dan istilah baru. Seiring bertambahnya usia anak-anak, mereka dapat menjelaskan kepada orang tua apa yang mereka lakukan, apa yang mereka lihat, cium dan rasakan, dll. Setelah membaca, mereka dapat melatih keterampilan dengan membaca resep. Bahkan tidak menutup kemungkinan mereka dapat membuat resep sendiri.
    • Menghitung (tiga sendok), pengenalan angka, (membaca angka pada timbangan), bahasa matematika (lebih dari, lebih besar, lebih kecil), perkalian (menggandakan resep) menimbang (timbangan) dan pecahan (1/4, 1/2 gelas ) merupakan bagian dari keterampilan matematika yang dapat dikembangkan dalam memasak.
    • Dapur menjadi seperti Laboratorium Sains mini bagi anak. Anak-anak dapat melihat bahan berubah warna, tekstur dan bentuk (cairan, padatan, gas) dan mereka dapat membuat prediksi dan pengamatan misalnya apa yang terjadi jikamenggunakan terlalu banyak/sedikit air, garam atau bahan-bahan lainnya, suhu yang salah, dll. Anak-anak dapat mengekspresikan kreativitasnya melalui pengembangan resep dan penyajian makanan.


Sesi Kegiatan Pendidikan

Instansi Pembina Kegiatan

Sasaran Kegiatan